Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image pena rakhma

Jauhi Stress dan Hadapi Masalah dengan Tenang, Ini Caranya

Curhat | Tuesday, 28 Dec 2021, 15:26 WIB
Ilustrasi. (health.qld.gov.au)

Seseorang pasti memiliki problem atau masalahnya masing-masing. Penyebab masalah itu bisa disebabkan oleh hal apapun dan bisa terjadi kapan saja, entah itu masalah kecil yang sepele atau masalah besar yang serius. Masalah setiap orang itu berbeda-beda misalnya ada yang sedang mengalami masalah terkait pekerjaan, keuangan, pertemanan, lingkungan tempat tinggal, keuangan, percintaan dan lain sebagainya. Setiap orang pasti memiliki cara penyelesaian yang berbeda-beda. Walaupun tidak mudah, tetapi semua masalah itu harus dihadapi dan diselesaikan.Tentunya, pasti ada solusi untuk menyelesaikan masalah.

Terkadang masalah yang timbul seringkali membuat pikiran menjadi acak-acak, stress, dan emosi yang tidak stabil. Misalnya ketika seseorang yang susah untuk mendapatkan pekerjaan, berkali-kali melamar pekerjaan tetapi tertolak, membangun usaha tetapi gagal dan perekonomian sedang tidak stabil. Seseorang itu pasti akan terpuruk, kondisi seperti ini juga bisa menimbulkan masalah lainnya yaitu pada masalah kesehatannya, seperti stress, depresi, insomnia, dan bisa menjadikan gaya hidup yang tidak sehat.

Supaya tidak stress dan dijauhkan dari emosi tidak stabil yang bisa menyebabkan prasangka buruk maka hal utama yang mendasar yang harus dilakukan saat sedang dihadapkan dengan suatu masalah yaitu mulai mengelola emosi. Pertama yang harus dilakukan adalah dengan bersikap tenang. Seringkali orang mengabaikan hal ini, padahal dengan menenangkan diri dan berpikir tenang, pikiran akan menjadi terfokus dan terbuka untuk mencari solusi yang terbaik. Setelah pikiran kita menjadi terfokus, prasangka buruk akan mulai memudar.

Langkah-langkah berikutnya adalah mencoba untuk memahami diri sendiri, berpikir keatif, menyesuaikan diri untuk tidak memaksakan diri melakukan sesuatu yang bukan kapasitasnya, cobalah untuk bercerita kepada seseorang yang dipercayai untuk sedikit meringankan pikiran, lakukan aktivitas yang disukai disela waktu-waktu luang. Dan hal yang tidak boleh terlewatkan adalah meminta pertolongan kepada Sang Pencipta, karena semua masalah yang sedang terjadi juga bentuk Ujian dari-Nya. Maka dari itu cobalah untuk lebih dekat dengan-Nya.

Pengelolaan emosi dengan melakukan langkah-langkah tersebut adalah tindakan yang tepat untuk terhindar dari stress, terhindar dari emosi yang tidak stabil, terhindar dari prasangka buruk, dan menjaga kesehatan mental. Jangan sampai mengabaikan langkah-langkah tersebut. Karena jika tidak mencoba dan menghadapinya maka akan timbul masalah baru lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image