Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Ar Risalah

Masya Allah! Siswa Perguruan Islam Ar Risalah Padang Juara 1 MQK Nasional

Eduaksi | Monday, 17 Jul 2023, 11:35 WIB
Muhammad Kholifah Robbani, siswa kelas XII Jurusan Agama Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Perguruan Islam Ar Risalah, Kota Padang, Juara 1 Cabang Tafsir Marshalah Wustha Putra pada MQK Nasional 2023. [Foto: Ist]

Muhammad Kholifah Robbani, siswa kelas XII Jurusan Agama Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Perguruan Islam Ar Risalah, Kota Padang, berhasil meraih Juara 1 Cabang Tafsir Marshalah Wustha Putra pada ajang Musabaqah Qira'atil Kutub (MQK) Nasional 2023 di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Kepala MAS Perguruan Islam Ar Risalah, Aslam Hadi, bersyukur atas prestasi yang diraih oleh Kholifah. "Alhamdulillah, kita bersyukur dan bangga dengan prestasi anak kita karena telah berhasil mengharumkan nama sekolah di tingkat nasional," ujarnya saat ditemui, Senin (17/7/2023).

Menurutnya, raihan Kholifah tersebut merupakan capaian yang luar biasa. Kholifah berhasil menyisihkan peserta lainnya yang kebanyakan adalah santri pesantren salafiyah dari berbagai provinsi di Indonesia. Santri pesantren tersebut diketahui sehari-hari memang fokus mempelajari kitab kuning.

Sementara, Perguruan Islam Ar Risalah adalah pesantren modern yang selain mengajarkan ilmu agama kepada siswa, tetapi juga fokus mengembangkan kemampuan siswa, baik di bidang sains, olahraga dan sebagainya.

"Ini membanggakan sekali. Kholifah berhasil menyisihkan peserta lainnya dari pesantren salafiyah yang fokus belajar kitab kuning," ujar Aslam.

Sebagai informasi, Kholifah terpilih mewakili Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada ajang MQK Nasional di Lamongan pada 10-18 Juli 2023, setelah berhasil menyabet Juara 1 MQK Tingkat Sumbar pada cabang yang sama. Dalam mengikuti ajang MQK ini, Kholifah dibimbing oleh guru di PIAR untuk mempelajari ilmu tafsir dan bahasa Arab.

"Kholifah ini memang sudah menguasai bahasa Arab. Ilmu nahwu dan sharaf juga baik. Ia memang fokus belajar bahasa Arab. Apalagi di sekolah, bahasa pengantar yang kita gunakan di kelas untuk Jurusan Agama adalah bahasa Arab. Selain itu, di asrama, juga ada penerapan hari bahasa. Jadi, siswa di asrama wajib berbahasa asing, termasuk Kholifah," sampainya.

Sementara itu, Kholifah mengatakan ia sangat bahagia berhasil menjadi pemenang puncak MQK Nasional pada Cabang Tafsir Marshalah Wustha Putra, setelah menyisihkan 42 peserta lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia. Atas prestasinya itu, ia berhak membawa pulang hadiah berupa medali emas, sertifikat, dan uang tunai senilai Rp15 juta

"Ana (saya) bersyukur. Ana tidak menyangka bisa sampai juara. Terlebih pesertanya banyak dari santri pesantren yang memang fokus belajar kitab kuning," ungkapnya.

Remaja kelahiran Pasar Ujung Batu, Sumatera Utara, 13 Januari 2006 ini merupakan putra dari pasangan Hendi Juhaedi dan Emrinawati Hasibuan. Ia ingin mempersembahkan prestasi ini untuk kedua orang tuanya.

"Ke depannya, ana ingin terus mengembangkan diri, mengharumkan nama Ar Risalah. Prestasi ini terutama ana hadiahkan buat kedua orang tua. Ini tidak terlepas dari doa dan usaha mereka," imbuh siswa yang ingin melajutkan studi S1 double degree di Fakultas Syariah LIPIA Jakarta dan Fakultas Hukum Universitas Indonesia. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image