Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arfan Arifuddin

Tujuh Pola Hidup Sehat

Gaya Hidup | Sunday, 16 Jul 2023, 10:22 WIB

Rutinitas yang kita lakukan setiap hari yang kita lakukan mulai dari bangun tidur kemudian mandi dan berangkat bekerja hingga pulang kembali ke rumah adalah rutinitas yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari terlebih lagi bencana covid 19 yang pernah melanda dunia pada awal tahun 2020 silam membuat kekacuan dan dampak banyak bukan hanya penduduk Indonesia melainkan penduduk dunia jumlah kematian akibat covid ini diseluruh dunia mencapai jutaan nyawa melayang banyak yang kehilangan tulang punggung keluarganya yang mengakibatkan terhentinya perekonomian keluarga.

Disinilah kita harus merenungi kesehatan adalah hal nomer satu yang paling penting untuk dimiliki manusia setelah uang. Mungkin kita bertanya kesehatan yang bagaimana yang harus kita lakukan sehingga kita tetap sehat dan bisa beraktivitas. Berikut ini ada tujuh pola hidup yang penting yang harus kita jalani jika kita ingin tetap menjadi sehat.

1. Menu makanan sehat

Berbicara menu makanan tentu kita akan membayangkan beberapa makanan lezat ataupun makanan cepat saji yang sangat nikmat untuk disantap. Disini bukan itu yang dimaksud dengan menu makan sehat. Menu makanan sehat adalah menu yang mengandung 85%-90% makanan nabati yang mengandung biji-bijian, sayur-sayuran dan buah-buahan (yang ditanam dengan organik) bukan bahan kimia karena bahan ini selain membuat kelelahan dari alat pencernaan untuk mengolahnya juga banyak energi dan enzim yang terpakai yang jika pikirkan masih bisa energi tersebut untuk bagian yang lain pada tubuh kita.

Bahan lain selain sayuran dan buah-buahan adalah 10-15% bahan yang mengandung protein dan sumber protein yang paling bagus untuk ini adalah menkonsumsi ikan terutama ikan kecil sedangkan konsumsi daging sapi atau ayam harus dibatasi jangan berlebihan, beberapa makanan yang harus dihindari seperti teh, kopi makanan yang manis dan gula, nikotin, alkohol, cokelat, lemak, minyak dan garam (garam yang beriodium seperti garam meja). Waktu makan juga harus kita perhatikan menurut ahli gizi bahwa hentikan makan 4-5 jam sebelum tidur mengunyah makanan setiap 30-50 kali, makan jus buah 30-60 menit sebelum makan dan konsumsi lebih banyak makanan yang dikukus sebentar serta hindari makanan yang digoreng.

2. Minum air yang bebas polusi

Air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup utamanya manusia air juga sangat dibutuhkan untuk membantu proses pencernaan makanan. Orang dewasa sebaikanya menkonsumsi air sebanyak 6-10 gelas setiap hari diantaranya dengan minum air 1-3 gelas setiap bangun tidur di pagi hari dan minum air 2-3 gelas air sekitar 1 jam sebelum waktu makan.

3. Buang air besar yang teratur

Tentu rutinitas ini merupakan hal yang setiap hari kita lakukan setiap bangun tidur sebelum mandi maka dari itu apabila terjadi sembelit atau susah BAB maka bisa mengganggu aktivitas harian kita itulah sebabnya konsumsi sayuran dan buah sangatlah penting untuk melancarkan hal ini juga untuk membersihkan usus dari berbagai polusi id dalamnya yang terbawa oleh makanan.

4. Olahraga yang cukup

Dalam hal menjaga kesehatan hal yang satu ini tidak boleh kita lewatkan. Beberapa jenis olahraga yang baik kita lakukan diantaranya berjalan kaki sejauh 4 km, berenang, bermain tennis, bersepeda, golf, yoga, latihan angkat besi, bela diri dan aerobic.

5. Istirahat yang cukup

Tubuh kita juga butuh untuk diistirahatkan setelah seharian kita pakai untuk bekerja tidur yang bagus atau cukup sekitar 6-8 jam setiap malam yang teratur, melakukan tidur singkat sekitar 30 menit setelah makan siang, menghindari makan 4-5 jam sebelum tidur. Adapun kalau kita lapar di malam hari makanlah sepotong kecil buah 1 jam sebelum tidur karena cepat dicerna.

6. Meditasi

Selain kesehatan fisik juga kesehatan mental atau psikis juga sangat penting untuk dijaga, menurut ahli kesehatan salah satu penyebab tubuh menjadi rapuh terkena penyakit berawal dari pikiran jadi untuk itu dianjurkan melakukan meditasi, berpikiran positif memakai pakaian yang agak longgar sehingga tidak menganggu pernapasan dan memperlakukan diri sendiri dengan baik (jangan menyiksa diri anda).

7. Merasa bahagia

Kebahagian akan melahirkan semangat dan semangat akan melahirkan kekuatan dalam sebuah riset dikatakan bahwa kebahagiaan dan rasa cinta akan meningkatkan kerja enzim yang sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme (penguraian bahan makan untuk menghasilkan energi) memberikan pujian dan menghargai orang lain hidup tertawa tersenyum dan bernyanyi adalah aktivitas yang bisa meningkatkan kesehatan dalam diri anda.

Dengan hidup sehat kita dapat melakukan berbagai aktivitas dan bisa terus bersama dengan keluarga teman dan sahabat. Jadi jagalah kesehatan diri anda karena kesehatan itu amat mahal harganya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image