Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shalahuddin Yusuf

Peran Investasi dalam Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Eduaksi | Tuesday, 11 Jul 2023, 10:34 WIB
Oleh Serezniy di Getty Images

Pertumbuhan ekonomi Selalu terkait dengan ekosistem bisnis yang maju. Bisnis yang maju dan berkembang menjadi salah satu peran dalam peningkatan ekonomi di Indonesia. Tak hanya itu, Investasi juga memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Investasi Merupakan penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.
Lantas, bagaimana peran investasi dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia ? Pertama, investasi ini memiliki korelasi positif terhadap pembangunan infrastruktur negara. Jika investasi terhadap Indonesia turun, maka PDB-nya akan turun juga sehingga berefek pada penurunan pembangunan infrastruktur yang nantinya dapat menyokong dan menarik investor. Sebaliknya, jika investasi mengalir deras, maka PDB Indonesia akan memunculkan hasil yang gemilang
Kedua, investasi ini juga akan menumbuhkan iklim bisnis. Semakin banyak investasi atau penanaman modal yang dilakukan, maka akan semakin banyak pula bisnis-bisnis baru yang bermunculan. Ketiga, banyaknya bisnis yang bermunculan akan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan, yang mana secara jelas akan mendukung pertumbuhan daya beli konsumen serta konsumsi rumah tangga.
Keempat, Jika investor domestik memiliki peran yang lebih besar, perekonomian negara dalam jangka panjang bisa lebih terjamin. Investor luar memang membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia dalam jangka menengah. Tetapi dalam jangka panjang, keuntungan yang lebih besar akan mengalir ke negara asal investor tersebut. Jika investor domestik menyadari hal ini, seharusnya, mengambil peran besar di negara sendiri tidak lagi jadi masalah. Sebab dalam jangka panjang, investasi bisa menghasilkan buah yang diinginkan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image