Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Puput Meilani

Kisah Inspiratif ! Perjalanan menemukan Jati Diri

Curhat | Friday, 07 Jul 2023, 18:19 WIB

Membina ilmu di Universitas merupakan cita-cita anak kecil yang kini sudah menginjak usia 17 tahun . Langkah kebingungan mulai menyusuri isi kepala anak remaja yang dinyatakan Lulus. Menengok orang yang ada disekelilingnya yang sudah mengambil keputusan yang besar dalam kehidupannya . Ada yang memutuskan . mencari uang untuk kebutuhan ekonomi bekerja apa saja supaya bisa menyambung hidup , tak sedikit juga ketika lulus memutuskan untuk membina hidup (menikah).Diusia remaja menuju dewasa ada seorang anak bernama puput yang dilanda kebingungan menentukan arah masa depannya ingin dibawa kemana. Sembari melihat langit ia berpikir sebagai lulusan SMK Akuntansi tentunya dia tidak perlu bimbang lagi jika ingin melanjutkan karir dibagian staff administrasi , akuntan junior , atau bagian keuangan lainnya . Karena akuntansi memiliki karir yang cukup menjanjikan kedepannya.Tetapi menurut anak kecil ini arah masa depan tidak hanya sebatas Itu . Ada hal -hal besar yang ingin ia torehkan . Yang ingin membuat orang tuanya bangga .

Ketika lulus SMK , ia terus merenung orang tua yang sudah berusia 60 tahun , kondisi badan sudah tak bersemangat , mata mulai sayu . Membuat ia bertekad dan mulai melihat keadaan yang tak bisa diubah sebagai anak terakhir dari 6 bersaudara .Puput mengambil langkah yang mantap , tepat , dan jelas memutuskan untuk kuliah .

Ya kuliah,Banyak sekali pertanyaan disekeliling mengapa memutuskan untuk tetap lanjut kuliah . Alasannya ingin mengambil peluang yang lebih besar dalam dunia industri ini lebih tepatnya terjun didunia komunikasi. Sebelum terjun industri ini ingin mendidik dan mempersiapkan segala bekal pengetahuan dan keterampilan bekal itu bisa berupa kematangan , penguasaan iptek , dan kecakapan ahli dalam suatu bidang.

Dan yang kedua memiliki keinginan ini pendidikan yang dimana seluruh orang merayakan keberhasilan nya . Salah satu achievement orang tua bisa hadir dan menyaksikan moment wisuda . Moment kebanggan melihat anaknya berjuang menyelesaikan pendidikan berkat campur tangannya dan support kedua orang tua. Hal Itu tidak ingin terlewatkan sebelum mereka menutup usia . gadis kecil ini memilih Prodi yang berbeda dengan jurusan yang ia tempuh 3 tahun yang lalu . Ia memilih Prodi Ilmu Komunikasi Unissula untuk mengembangkan soft skill yang ia miliki . Selama 3 tahun ketika di SMK Puput mulai melakukan proses pencarian jati diri dimana ketika proses pembelajaran ia cukup lihai menguasai teknik-teknik presentasi ,mengutarakan pendapat , ekspresif , dan komunikatif serta memilki pengalaman lomba dibagian public speaking .

Ada banyak hal yang mendasari mengapa saya memilih ilkom Unissula tempat saya belajar selain dari pengalaman pribadi yang saya sebutkan diatas . seluruh program studi di Unissula sudah terakreditasi Unggul menjadi suatu harapan ketika mendaftar lowongan pekerjaan PNS , BUMN dll . Yang mengharuskan saya melampirkan data universitas sebagai syarat penunjangnya saya tak perlu ragu karena Unissula sudah memenuhi kriteria tersebut . Sehingga Memiliki kesempatan dan peluang untuk lolos. Ilkom Unissula merupakan salah satu Universitas yang membangun generasi khaira ummah salah satunya dengan menerapkan budaya islami yang hal ini tidak bisa saya dapatkan di Universitas lain.

Kemudian pengalaman belajar di Ilmu komunikasi membuat saya sedikit shock bahwa Komunikasi tidak hanya sekedar presentasi selesai tetapi komunikasi lebih dari Itu bahkan lebih luas . Komunikasi membawa saya belajar melihat sudut pandang sesuatu lewat berbagai hal . Dosen saya pernah berkata bahwa kita tidak dapat mengubah dunia tetapi Kita dapat mengubah cara pandang kita terhadap dunia . Menjadi Mahasiswi ilkom Unissula membuat saya menjadi orang yang tidak mentah-mentah menerima opini yang datang dalam kehidupan saya . khususnya opini publik dimana sesuai dengan konsentrasi yang saya tempuh yaitu marketing communication yang fokus dibidang PR (Public Relations) .

Dalam konsentrasi ini sebagai seorang PR yang memiliki kedudukan penting dalam suatu perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan adaptif terhadap segala situasi saat perusahaan mengalami situasi yang krisis . Contohnya ada salah satu customer yang memiliki pengalaman yang kurang baik mungkin dalam hal service , product , peran PR sangat dibutuhkan untuk menjaga citra baik suatu perusahaan bahkan lebih dari Itu PR akan menghadapi situasi yang berbeda setiap harinya . Sehingga praktisi PR , diharuskan membuat planning dalam beberapa tahun dan menemukan solusi untuk kejadian yang terduga atau tidak terduga .

Peran PR sebagai penasehatnya perusahaan diminta menemukan solusi yang tepat untuk menumbuhkan citra yang baik dimata masyarakat , melalui pesan yang akan saya sampaikan . Pesan yang disampaikan PR menurut saya adalah sebuah kekuatan . Kekuatan Itu bisa mengubah pandangan dan persepsi yang disampaikan tentang suatu hal . dengan menggunakan beberapa perantara meliputi pembuatan press release , press conference , features , dll .

Kuliah dikomunikasi menjadi tantangan tersendiri untuk saya yang menyukai kondisi yang dinamis dan tidak stagnant . Dengan hal seperti Itu mudah berkembang jadi manusia yang lebih adaptif , kreatif dan kolaboratif . Untuk kalian yang ingin merasakan kuliah lebih banyak diluar kelas dengan pengalaman yang inspiratif dan menyenangkan didukung oleh para dosen dan praktisi mengkonsep pembelajaran yang relevan dengan dunia kerja.Ilkom Unissula adalah jawaban atas doa-doamu .

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image