Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Alfi

IKHLASKAN NIATMU

Agama | Tuesday, 28 Dec 2021, 06:00 WIB

Sebuah tulisan yang berisi tentang nasihat yang diambil dari buku terjemahan Ayyuhal Walad karangan Al-Imam Hujjatul Islam Abu Hamid Al-Ghazali (450-505 H / 1058-1111 M), yang kemudian diterjemahkan oleh Ahmad Fahmi Zamzam.

IKHLASKAN NIATMU

Wahai anakku yang tercinta!

Berapa banyakkah daripada malam-malam yang telah engkau penuhkan dengan berjaga untuk belajar dan memuthala’ah kitab. Dan berapa lama engkau telah menahan tidur ke atas dirimu. Saya tidak pasti apakah niat yang mendorong engkau berbuat demikian.

Maka apakah hanya semata-mata mencari keuntungan dunia dan menghimpunkan segala mata bendanya dan mencapai akan kedudukan yang tinggi serta berbangga dengan kehebatanmu di hadapan kawan-kawan. Jikalau niatmu maka engkau akan rugi serugi-ruginya.

Tetapi jika niatmu di dalam segala usahamu itu untuk menghidupkan syariat Nabi Muhammad SAW dan memperbaiki akhlakmu serta memecahkan keinginan nafsumu yang selalu menyuruh untuk berbuat jahat maka untunglah engkau seribu untung. Sungguh benar seorang ahli syair yang berkata:

سَهْرُ الْعُيُوْنِ لِغَيْرِ ضَائِعُ وَبُكَاؤُهُنَّ لِغَيْرِ فَقْدِكَ بَاطِلُ

Artinya: “Berjaga malam kalau bukan karena dzatMu adalah sia-sia. Dan menangis kalau bukan karena kehilanganMu adalah tidak berguna”.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image