Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image John P

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Mobil Bekas

Mobil | Monday, 03 Jul 2023, 13:48 WIB

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang cerdas untuk menghemat biaya dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda dapat membeli mobil bekas dengan aman dan memastikan kualitasnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas tiga hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas apalagi secara online lewat platform populer seperti Craigslist.

Periksa Riwayat dan Kondisi Mobil

Sebelum membeli mobil bekas, pastikan Anda memeriksa riwayat mobil tersebut. Periksa apakah mobil pernah mengalami kecelakaan atau kerusakan serius. Anda juga dapat meminta bukti pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan sebelumnya. Selain itu, lakukan inspeksi menyeluruh terhadap kondisi fisik mobil, termasuk mesin, transmisi, sistem kelistrikan, suspensi, dan rem. Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam bidang otomotif, disarankan untuk membawa seorang mekanik profesional untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh.

Periksa Dokumen Kendaraan

Pastikan Anda memeriksa dokumen-dokumen kendaraan secara lengkap dan sah. Periksa surat tanda nomor kendaraan (STNK) dan pastikan bahwa nama pemilik dan nomor rangkaian kendaraan sesuai dengan yang tertera di STNK. Periksa juga surat bukti pajak kendaraan bermotor (BBNKB) untuk memastikan pembayaran pajak kendaraan terkini. Jangan lupa untuk memeriksa juga keabsahan sertifikat kepemilikan kendaraan (BPKB) dan pastikan tidak ada hutang atau jaminan yang masih terdaftar atas kendaraan tersebut.

Lakukan Uji Coba Berkendara

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, lakukan uji coba berkendara untuk merasakan performa mobil secara langsung. Perhatikan keadaan mesin, respons transmisi, sistem kemudi, sistem suspensi, dan rem. Perhatikan juga kebisingan atau getaran yang tidak biasa. Selama uji coba, coba lakukan berbagai jenis perjalanan, termasuk di jalan tol, jalan perkotaan, dan jalan rusak. Hal ini akan membantu Anda mengevaluasi kenyamanan dan keandalan mobil dalam berbagai situasi.

Membeli mobil bekas dapat menjadi pilihan yang menguntungkan jika Anda memperhatikan hal-hal di atas. Selalu lakukan riset, periksa dengan teliti, dan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada penjual. Dengan melakukan persiapan yang baik, Anda dapat membeli mobil bekas yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan Anda dengan baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image