Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rakin Asyari

Walau Sudah Senja, Usia Tetap Terjaga

Bisnis | Friday, 30 Jun 2023, 17:15 WIB
Pak Momon (78), seorang peternak di daerah Cibiru, Bandung. Sumber: Dokumentasi pribadi.

Kebanyakan orang sudah mulai pensiun atau istirahat dari dunia kerja saat sudah menyentuh usia tua. Akan tetapi, kakek bernama Pak Momon (78) yang satu ini berbeda dengan yang lainnya. Walau di usianya yang sudah tidak muda, Pak Momon masih aktif dalam bidang usaha ternak hewan terutama saat musim kurban seperti saat ini. Beliau membuka peternakan dekat dengan rumahnya, yaitu di daerah Cibiru, Bandung. Dengan bantuan keluarganya, usaha ternak Pak Momon masih tetap terjaga.

Hampir 60 Tahun Bergelut di Ranah Peternakan

Kualitas hewan-hewan yang disediakan oleh Pak Momon memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Beliau sudah memiliki jam terbang dan pengalaman yang jarang dimiliki oleh orang lain. “Bapak mah dari umur 20-an udah mulai bantu-bantu Ayah ternak kambing sama sapi, jadi emang udah sangat terbiasa sih,” ucap Pak Momon. Beliau juga mengaku bahwa beternak sudah menjadi hobi,“Karena emang udah jadi hobi, Bapak jadi seneng ngelakuinnya, engga jadi beban gitu,” ucap Pak Momon.

Aktivitas Berat Membuat Badan Sehat

Sebagai peternak, tentunya Pak Momon memiliki kegiatan-kegiatan yang lumayan berat untuk usianya. Namun, Pak Momon justru merasakan dampak yang positif dari kegiatan-kegiatan tersebut. “Badan masih enak digerakin, jalan masih gampang, nafas masih kuat. Justru kalau Bapak engga ngapa-ngapain malah sakit, emang harus berkegiatan Bapak mah” jelas Pak Momon.

Kandang Hewan yang Self-Crafted

Hewan-hewan ternak di sana diberikan ‘rumah’ yang pantas dan nyaman. Seperti kebanyak para peternak, Pak Momon membangun kandang-kandang untuk hewan-hewannya menggunakan tangan dan tenaga sendiri serta keluarga-keluarganya. Kandangnya sendiri dibangun dekat

dengan rumah Pak Momon sendiri agar tidak lepas kendali.

Penurunan Penjualan Sejak Pandemi

Pak Momon mengaku bahwa pandemi memberikan dampak yang cukup signifikan kepada usahanya. Semulanya, Pak Momon dapat menjual 40-60 ekor kambing dan 20-25 sapi saat hari raya kurban. “Sejak pandemi kemarin, penjualan rada turun sih. Awal-awal pandemi tuh paling kambing 10-15 ekor terus sapi paling 5 ekor” ujar Pak Momon. Akan tetapi, tahun ini penjualan sudah mulai meningkat kembali. Pak Momon sudah berhasil menjual 20 kambing dan 10 sapi per tanggal 18 Juni 2023.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image