Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurriska Aura Zahra

Meningkatkan Kemampuan Soft Skill Dengan Kegiatan Ambivers Summer Youth Program (24-25 Juni 2023)

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 28 Jun 2023, 22:10 WIB

Hallo readers!! Aku Nurriska Aura Zahra dari SMK Negeri 45 Jakarta.

Sebelumnya kalian tau gak sih apa itu ASYP? Nah bagi kalian yang belum tahu apa itu ASYP yuk, disimak!

ASYP adalah singkatan dari Ambivers Summer Youth Program yang dimana ASYP adalah program yang berisikan serangkaian acara pelatihan dan seminar dengan hands-on project yang diadakan oleh Ambivers.id bertemakan "Empowring Young Leaders: Unlocking Potential, Inspiring Impact" Program ASYP berdiri sejak tahun 2021, karena satu dan lain hal program ASYP berhenti sejenak dan kembali hadir pada tahun 2023.

Pengalaman aku mengikuti program ASYP selama dua hari sangat menyenangkan!!! juga memberikan pengalaman baru yang belum aku dapatkan di manapun, tentunya menambah pengetahuan aku untuk mengasah kemampuan soft skill yaitu Personal Branding dan Public Speaking.

Di hari pertama materi yang di bawakan oleh kak Aysha Azzahra adalah Personal Branding. Apa sih Personal Branding itu? Personal Branding adalah aktivitas membangun image personal untuk menargetkan suatu audience dengan menjual value diri sendiri (Ottovordemgentschenfelde, 2017). Personal Branding sendiri sangat penting kita bangun sejak kita duduk di bangku sekolah karena dengan Personal Branding kita bisa membuat orang-orang sekitar aware akan diri kita dan bisa meningkatkan value untuk diri sendiri. Dengan membangun Personal Branding kita bisa dapat banyak keuntungan di antaranya banyak mendapatkan job opportunity, di kontak company, menjadi speaker di suatu acara atau program, dan menemukan komunitas serupa. Dengan materi pembelajaran Personal Branding yang di bawakan oleh kak Aysha Azzahra sangat amat membantu untuk kita yang bingung harus bagaimana menentukan langkah awal dalam membangun Personal Branding.

Langkah awal yang bisa kita gunakan adalah membangun Personal Branding di media sosial yang kita punya seperti menaruh informasi nama lengkap dan status kita pada bio, dan sering sharing pengalaman, prestasi, bahkan opini kita. Untuk sharing aktivitas kita di story itu gak cukup cuma dengan upload fotonya dan tag akun yang bersangkutan, seperti itu belum cukup untuk membangun Personal Branding kita loh, tapi kita juga harus menceritakan cerita di balik foto tersebut, dengan adding emotion audience, and add jokes sedikit guys!!

Di hari kedua semakin seru dan menarik karena topik materi kita hari itu adalah Public Speaking yang dibawakan oleh kak Andika Kaya. Ternyata Public Speaking itu bukan hanya berbicara di depan umum dan orang banyak guys, tapi saat kita mengemukakan ide, gagasan, bahkan opini kepada sekelompok orang itu sudah bisa disebut Public Speaking. Skill Public Speaking harus selalu kita asah karena untuk menyampaikan pendapat, ide, ataupun gagasan diperlukan komunikasi yang baik.

Dari pemaparan kemarin, Public Speaking selain dilatih dengan cara berbicara depan kaca, bisa juga dengan cara mencari mentor ataupun senam muka. Public Speaking juga bukan hanya tentang bagaimana cara kita berbicara dengan baik, tapi juga bagaimana cara kita mengenal audience, intonasi suara kita, kata-kata yang tepat untuk disampaikan terkait topik dan audience, sekaligus body language kita saat menyampaikan poin materi. Sesi QnA dengan kak Andika sangat membantu dalam mengasah Public Speaking kita, karena selain dikasih tau tentang jawaban dari pertanyaan yang dilontarkan, kak Andika juga menjelaskan permasalahan dari pertanyaan yang dilontarkan para peserta ASYP 2023 kali ini, keren bangett guys!!!

Selain pembicara nya yang kece-kece para moderator dan panitia program ASYP 2023 gak kalah kerenn guyss!! para pemateri juga sangat memotivasi dan menyampaikan materi dengan lugas, banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan setelah mengikuti program kelas dari Ambivers.id dan pembawaan pemateri yang asik dan gak kaku, bikin aku sebagai peserta enjoy banget lho guyss!!

Sekian pengalaman yang bisa aku bagikan ke kalian, sampai jumpa di lain kesempatan.

See u guys!!!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image