Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arum Pusporini

Berapa Banyak Kalsium yang Dibutuhkan Anak?

Edukasi | Tuesday, 27 Jun 2023, 11:35 WIB

TANGSEL – Kalsium jadi salah satu mineral penting bagi tubuh yang fungsinya membangun tulang dan gigi, karena hampir 90% kalsium tersimpan dalam tulang dan gigi yang mendukung fungsi dan strukturnya masing-masing.

Doc: Ilustrasi Anak Minum Susu / Freepik

Masa-masa awal pertumbuhan anak sangat membutuhkan kalsium, karena 99% kalsium yang didapat dari makanan akan langsung disimpan dalam tulang untuk menjaga kepadatan tulang anak agar tidak mudah rapuh atau “kopong”. Selain itu, baik untuk memperkuat daya tahan tubuh si kecil untuk melawan penyakit atau infeksi.

Saat anak mengalami kekurangan kalsium, tumbuh dan kembangnya tidak berjalan dengan semestinya, biasanya anak tidak maksimal dalam pertambahan tinggi badan, berpotensi mengalami kelainan tulang seperti rakitis atau osteoporosis di masa tua.

Perlu diperhatikan kebutuhan kalsium pada anak berbeda dengan orang dewasa, namun kebutuhan ini akan bertambah seiring pertambahan usia. Anak yang usianya 0-12 bulan butuh sekitar 250-260 mg kalsium per harinya. Sedangkan pada anak usia 1-3 tahun dibutuhkan sebanyak 650 mg untuk perempuan dan 700 mg untuk laki-laki per hari. Lalu pada usia 4-9 tahun bertambah menjadi 1000 mg per hari. Dan 10-18 tahun meningkat lagi hingga 1200 mg per hari.

Sumber utama kalsium bisa didapat dari susu, keju, yoghurt atau mentega. Masih banyak makanan dan minuman yang mengandung kalsium, sebab tubuh tidak bisa memproduksi kalsium sendiri. Susu bisa menjadi pilihan tepat untuk pemenuhan kebutuhan si kecil, karena kandungan kalsium dalam susu lebih mudah diserap tubuh daripada jenis kalsium pada bahan lainnya.

Anak yang mengalami alergi pada susu sapi, bisa memperoleh kebutuhan kalsium dari susu kambing. Dengan berbagai macam manfaat susu kambing direkomendasikan sebagai pengganti dari anak yang alergi susu sapi, Anda bisa memberikan susu di atas 1 tahun.

Salah satu susu kambing Urra yang memiliki banyak kalsium, vitamin A dan B yang baik untuk tulang dan gigi. Selain itu, susu urra juga rendah kasein dan tinggi protein. Berbeda dengan susu kambing lainnya, kandungan susu kambing murni lebih banyak 60% daripada krimer sangat cocok untuk anak-anak yang membutuhkan berbagai nutrisi untuk masa pertumbuhannya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image