Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salma Zuliana Azzah

UMKM sebagai Pembangun Ekonomi

Bisnis | Monday, 26 Jun 2023, 11:52 WIB
Ilustrasi gambar pelaku usaha UMKM

UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian khususnya di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2021, jumlah UMKM mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. Kita dapat melihat bahwa 97% pekerja diserap oleh UMKM sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan peluang usaha.

Sejak terjadinya pandemi COVID-19 sektor UMKM kerap mendapatkan tantangan. Yaitu, $ transaksi online$ di berbagai macam platform. Menurut Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, saat ini hanya 13% UMKM saja yang sudah mulai beralih dari offline ke online.

Ketidaksiapan dalam beralih dari offline ke online telah menjadi penyebab utama. Kendala lain yang sering membuat pengusaha UMKM enggan untuk go online adalah kurangnya wawasan dan infrastruktur yang cukup. Berdasarkan data dari Katadata Insight Center (KIC), mayoritas UMKM 81.6% hanya menjangkau sebatas lingkungan sekitar mereka saja. Persentase usaha yang penjualannya antar kota/provinsi sebanyak 31.6%, bahkan yang menjangkau mancanegara hanya 3.9%.

Data tersebut mengindikasikan bahwa UMKM menghadapi kesulitan dalam memperluas pangsa pasar. Namun, mereka dapat mengatasi masalah ini dengan mudah melalui pemasaran online. Dengan mempromosikan produk atau layanan mereka melalui internet, UMKM bisa menjangkau konsumen baru yang sebelumnya tidak pernah mereka capai melalui berbagai platform online, seperti website, pasar daring, atau jejaring sosial.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah mengambil langkah untuk memperluas jangkauan infrastruktur digital dengan menyediakan fasilitas internet di 12.500 wilayah pedesaan dan publik. Selain itu, pemerintah juga menyediakan bantuan pelatihan melalui situs www.edukukm.id. Situs ini menawarkan berbagai kursus online tentang koperasi dan bisnis online yang dapat diakses secara gratis oleh siapa saja, terutama para pelaku usaha.

Dapat disimpulkan bahwa UMKM menjadi bagian yang krusial bagi perekonomian di Indonesia. Meningkatnya jumlah transaksi online menjadi tantangan bagi pelaku usaha untuk memperluas wawasan dan pengetahuannya. Bentuk upaya pemerintah adalah dengan memperkuat infrastrukturnya seperti, memberikan wadah kepada para pelaku usaha dengan pelatihan kursus bisnis online secara gratis.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image