Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Jaeni

Maraknya Illegal Logging di Indonesia dan Hubungannya dengan UMKM PK AHMAD JAYA

Bisnis | Monday, 27 Dec 2021, 11:15 WIB
Sumber: https://www.usaid.gov/biodiversity/illegal-logging-and-deforestation

Akhir-akhir ini sering terdapat kabar tentang maraknya illegal logging yang terdapat di Indonesia. Illegal Logging adalah aktivitas penebangan kayu secara illegal yang melanggar aturan dari pemerintah biasanya menebang pohon di hutan lindung maupun suaka marga satwa. Baru-baru ini terdapat kasus penangkapan pelaku illegal logging di Suaka Marga Satwa Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Riau.

Dikutip dari Detik.com Penangkapan pelaku illegal logging oleh Polda Riau di Suaka Marga Satwa Cagar Biosfer Giam Siak Kecil, Pekanbaru, Riau pada Rabu 17 November 2021. Dua orang pelaku illegal logging berjumlah dua orang yaitu inisial HM dan MA. Penangkapan tersebut dikarenakan pelaku menebang pohon secara illegal dan membakar bekas hutan yang sudah ditebang yang nantinya dijadikan kebun sawit.

Tentu illegal logging akan memberikan dampak negative yang sangat signifikan kepada masyarakat dan lingkungan dikarenakan aktivitas tersebut sangat merugikan dikarenakan akan membuat kerusakan lingkungan dan akan membuat stok kayu dpasaran akan semakin langka karena adanya permainan harga dan impor kayu illegal. Tentu hal tersebut akan menyulitkan UMKM yang memiliki usaha dari bahan dasar kayu.

Contohnya saja PK AHMAD JAYA yang merupakan UMKM yang sudah berpengalaman selama 17 tahun yang bergerak di jasa pembuatan kusen kayu, pintu kayu, dan Jendela Kayu. Menurut owner dari usaha ini jika harga kayu naik dikarenakan kelangkaan stok dipasaran maka akan membuat harga dari produknyapun mau tidak mau akan naik juga yang nantinya akan membuat customer berpikir dua kali untuk membeli produk jasanya.

Produk kusen, pintu, dan jendela yang sering dibuat oleh PK AHMAD JAYA beragam berdasarkan jenis kayunya, seperti produk kusen kayu meranti, kusen kayu kamper, kusen kayu mahoni, kusen kayu nangka, dan kusen kayu Jati. Sama seperti kusen, pintu juga memiliki berbagai jenis seperti pintu kayu minimalist, pintu kayu jati, pintu kayu jati minimalist, pintu kayu meranti, pintu kayu sliding, pintu kayu geser, pintu kayu triplek, dan pintu kayu kaca.

Sama halnya dengan pintu, jendela juga memiliki berbagai jenis yaitu jendela kayu kaca minimalist, jendela kayu jati, jendela kayu meranti, jendela kayu kamper, jendela kayu jadul, jendela kayu sliding, dan jendela kayu minimalist modern. PK AHMAD JAYA juga memiliki kelebihan dalam pengerjaannya yang tergolong cepat dan rapih serta tentunya gratis ongkos kirim yang sangat disukai oleh masyarakat di Indonesia. Jika minat hubungi no: 08131636399.

Owner UMKM ini berharap semoga tidak terulang Kembali kasus Illegal Logging yang tentunya akan merugikan lingkungan serta pengusaha umkm lainnya yang menggunakan bahan baku kayu sebagai bahan baku utamanya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image