Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Isti Lailatus

Hukum Memakai Parfum Beralkohol dalam Sholat

Agama | Saturday, 24 Jun 2023, 20:54 WIB

Masih banyak masyarakat yang bingung akan bagaimana hukum memakai parfum yang beralkohol pada saat ingin melaksanakan sholat ,apakah diperbolehkan atau tidak dalam islam terlebih digunakkan saat hendak sholat,karena pada dasarnya alkohol adalah salah satu zat yang dilarang dalam islam karena efek yang ditimbulkannya,namun memakai parfum juga adalah salah satu bentuk perbuatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW,terutama dalam melaksanakan ibadah.Hal ini seperti yang hadist yang diriwayatkan oleh Anas yang berbunyi:

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حُبِّبَ إِلَيَّ مِنْ الدُّنْيَا النِّسَاءُ وَالطِّيبُ وَجُعِلَ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلَاةِ

Artinya:Diriwatatkan dari Anas,ia berkata,Rasullah bersabda:Di dunia ini aku menyukai wanita dan parfum,sedangkan sholat adalah penentraman hatiku.(An-Nasa’i).

Dalam hadis ini bisa disimpulkan bahwa Rasulullah menganjurkan bagi kaum nya untuk memakai parfum disaat ingin melakukan kegiatan harian ataupu saat sholat,Nabi Muhammad SAW menganjurkan memakai parfum bertujuan untuk menjaga penampilan agar kita tetap terlihat bersih dan rapi,memakai parfum pada saat sholat sendiri akan membuat nyaman saat kita sedang sholat karena jika kita sholat dalam keadaan wangi dan bersih maka sholat akan menjadi lebih khusyu’,dan apabila kita melakukan sholat berjama’ah maka orang yang berada di samping kita akan merasa nyaman dengan bau yang berasal dari badan kita.

Namun bagaimana dengan hukum memakai parfum yang beralkohol untuk sholat,karena ada beberapa keterangan dalil yang menyatakan bahwa alkohol itu tidak boleh digunakkan.Alkohol sendiri adalah salah satu barang yang haram untuk di gunakan karena dapat menimbulkan efek mabuk pada si peminum.Namun disini yang di gunakan dalam pembuatan parfum beralkohol berbeda dengan alkohol yang digunkan dalam pembuatan khamr jenis minuman keras yang memabukkan.

Fungsi dari alkohol di parfum sendiri adalah untuk pelarut dan pengikat bahan esensial,yaitu bahan yang membuat bau parfum tahan lebih lama dan selama tidak menggunakan alkohol dari khamr maka hukum parfum tetap sah.

Jadi dapat disimpulkan bahwa memakai parfum yang beralkohol dalam sholat itu sah saja asalkan alkohol yang digunakan adalah khusus untuk campuran dalam pembuatan parfum.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image