Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nawal shofwah maulidiah

Messi Tidak Jadi Datang ke Indonesia! Apakah Mempengaruhi Pembangunan Ekonomi?

Agama | Saturday, 24 Jun 2023, 14:34 WIB
Foto Messi. Sumber : Dokumen Pribadi

Presiden PSSI Erick Thohir menyayangkan absennya Lionel Messi pada matchday FIFA antara timnas Indonesia dan Argentina. Pelatih Lionel Scaloni memberikan kesempatan kepada La Pulga untuk berlibur bersama keluarganya.Usai berkompetisi dengan Australia, Messi langsung terbang ke Barcelona dengan jet pribadi dan kemudian ke Buenos Aires, Argentina.

Selain dia, dua bintang timnas Argentina lainnya, Angel Di Maria dan Nicolas Otamendi, juga absen dalam laga melawan tim Garuda tersebut."Tentu ketika Messi memutuskan untuk tidak datang ke Indonesia, saya sedih. Selain itu, saya juga mendukung Messi," kata Erick saat ditemui di Garuda Store Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Sabtu, 17 Juni 2023.

"Tapi jika kita tidak mengapresiasinya, tidak apa-apa. Masih banyak bintang luar biasa lainnya seperti Julian Alvarez dari Manchester City dan banyak lainnya," tambahnya.Tim asal Argentina tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang sekitar pukul 21.50 WIB pada Jumat 16 Juni 2023. Erick langsung menyambut kedatangan mereka dengan menutupinya dengan kain batik, budaya asli Indonesia.Alejandro Garnacho dan kawan-kawan langsung bergegas menuju hotel Fairmont di Senayan, Jakarta, tempat mereka menginap.

Tim Tango dijadwalkan berlatih privat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta Sabtu sore ini.Dengan laga melawan Argentina ini, Erick ingin membuat sepak bola Indonesia semakin bernilai bagi negara-negara besar. Menurutnya, tujuannya agar ke depan semakin banyak tim kuat yang bersaing dengan pasukan merah putih.“Saya pikir ini adalah hal yang positif bagi Indonesia. Masih banyak bintang muda lainnya yang beranjak dewasa. Itu yang ingin saya dorong untuk kita lakukan, kita juga harus dihormati sebagai bangsa”, kata Meneg BUMN.

“Pertandingan FIFA adalah ajang kita untuk mendapatkan poin sebagai timnas dan jika kita memiliki agenda seperti itu, saya juga ingin ada yang memperkuat moral dan metal pertandingan agar dunia tidak meremehkan industri sepak bola Indonesia,” ujarnya.

Keputusan Messi sendiri untuk tidak datang ke Indonesia sepertinya tidak akan berdampak langsung pada pembangunan ekonomi negara. Meski Messi merupakan olahragawan ternama, namun kehadirannya saat berkunjung atau pada event-event tertentu biasanya tidak memberikan dampak langsung yang signifikan bagi perekonomian negara.

Pembangunan ekonomi lebih didorong oleh faktor-faktor seperti kebijakan pemerintah, investasi infrastruktur, stabilitas politik, iklim investasi, kualitas pekerjaan. Meski pariwisata dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara, kehadiran sosok seperti Messi tidak berdampak signifikan terhadap besaran perekonomian.

Namun, kehadiran Messi di event atau pertandingan sepak bola tertentu bisa berdampak positif bagi pariwisata dan industri terkait di tingkat lokal. Misalnya, pertandingan sepak bola internasional dengan kehadiran Messi dapat menarik penggemar dan turis ke Indonesia, yang pada gilirannya dapat berdampak ekonomi pada pariwisata, perhotelan, layanan makanan, dan industri lain di daerah tersebut.

Dalam konteks perkembangan ekonomi makro, penting untuk mempertimbangkan faktor struktural dan politik jangka panjang yang mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan. Ada atau tidak adanya orang terkenal tidak mengubah arah perkembangan ekonomi negara secara signifikan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image