Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rifqi

Modal Sosial dan Keretakannya dalam Pembangunan di Era Digital

Ekonomi Syariah | Saturday, 24 Jun 2023, 05:30 WIB
Sumber : images.search.yahoo

Modal Sosial Serta Keretakannya dalam Pembangunan di Era Digital

Modal sosial pada hakikatnya menjadi salah satu element penting dalam pengertian pemberdayaan masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari fungsinya yang mempu mengakomodir beragam potensi serta merdam berbagai permasalahan yang ada dalam kehidupan masyarakat.

Bahkan dalam berbagai hal modal sosial ini bisa berkorelasi dengan sekolah, pedesaan, ataupun dalam sektor-sektor lainnya. Sebagai penjelasan lebih lanjut artikel ini akan mengulas tentang contoh modal sosial dalam kehidupan masyarakat

Modal Sosial

Modal sosial pada dasarnya berasal dari Bahasa Inggris “social capital” yang diartikan sebagai kekuatan dalam masyarakat yang tidak terlihat secara zhohir akan tetapi memiliki fungsi yang sangat lengkap dalam kehidupan kehidupan bermasyarakat. Dalam kondisi ini tentusaja setiap manusia pasti memiliki modal sosial. Lantaran setiap orang diberikan kelebihan dan kekurangan antara satu dengan yang lainnya.

Pengertian Modal Sosial

Definisi modal sosial adalah salah satu faktor penting yang menentukan pertumbuhan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat. Faktor-faktor ini bisa tersusun dengan sendirinya akan tetapi bisa juga dilakukan dengan proses pembentukan, asalkan ada komitemen bersama-sama.

Contoh Modal Sosial

Adapun sebagai penjelasan lebih lanjutnya, berikut ini beberapa contoh yang bisa disebut sebagai bagian daripada modal sosial dalam bermasyarakat. Antara lain;

Kejujuran

Sikap jujur yang dimiliki oleh seseorang bisa dikatakan sebagai bagian daripada modal sosial. Tentusaja hal ini mendorong adanya peningkatan kepercayaan yang dimilikinya, sehingga memberikan stimulus pada penghargaan yang diberikan oleh orang lain.

Dalam unsur-unsur desa misalnya, masyarakat yang jujur akan diberikan tugas sebagai pionir dalam pembangunan. Kondisi seperti inilah kerapkali memberikan dampak yang beraarti bagi setiap orang yang memiliki modal sosial.

Tidak Pantang Menyerah

Karakteristik seseorang yang memiliki sikap tidak pantang menyerah dengan permasalahan apapun bisa disebut sebagai bagian daripada modal sosial. Hal ini juga mendorongnya untuk mencapai kesuksesan, atas prakasa tersebut setidaknya modal sosial akan menjadikannya sebagai insan yang berguna.

Perjanjian

Perjanjian juga menjadi bagian daripada modal modal sosial, dalam wacana sosiologi perjanjian ini akan memberikan ikatan antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lainnya. Keadaan seperti inilah setidaknya memberikan dorongan kepada seseorang atau lembaga untuk melakukan perjanjian.

Potensi Alam

Potensi yang dimiliki oleh seseorang tentusaja berbeda daripada yang lainnya, potensi ini jika diasah menjadi salah satu bagian daripada modal sosial. Misalnya dalam sehari-hari melihat kehidupan masyarakat yang berada di pegunanan, secara tidak langsung pada era modern seperti ini bisa dikembangkan sebagai salah satu dinasti wisata alam.

Gotong Royong

Contoh lainnya yang bisa disebut sebagai bagian daripada modal sosial ini misalnya dalam sikap gotong royong yang seringkali dilakukan masayarakt di pengertian desa. Masyarakat desa sudah memiliki kebiasaan untuk melakukan hal-hal secara bersama-sama dalam menjaga lingkungan.

Jika dikembangkan kondisi ini bisa memunculkan adanya modal sosial bagi para pendatang untuk dapat menarik garis besar bahwa setiap desa dalam diberikan pelatihan untuk memajukan dirinya serta memajukan kelompoknya.

Eksistensi

Eksistensi yang dimiliki seseorang bisa disebut sebagai bagian daripada modal sosial, diakui ataupun tidak eksistensi ini menjadikan para artis misalnya dalam mencalonkan diri sebagai anggota dewan meskipun ia tidak memiliki latar belakang politik. Dengan ketenaran ia mencolonkan diri sebagai anggota dewan.

Ramah Tamah

Bagian pentingnya lagi sebagai salah satu modal sosial adalah ramah tamah yang dimikili masyarakat Indonesia ketika melewati atau menyapa orang baru. Keramahtamahan inilah menjadi negara kita termasuk berhasil dalam menjaga toleransi diatas perbedaan dalam suku, agama, ataupun budaya

Keretakan Modal Sosial di Era Digital

Pembangunan di era digital atau industri 4.0 memiliki tantangan besar terutama bagaimana mengerakkan partisipasi masyarakat untuk menyukseskannya. Salah satu di antaranya adalah perlu adanya modal sosial yang di sebagian masyarakat dicirikan dengan adanya kebersamaan dan gotong royong. Putnam mendefinisikan modal sosial sebagai suatu nilai mutual trust (kepercayaan) antara anggota masyarakat dan masyarakat terhadap pemimpinnya. Modal sosial sebagai institusi sosial yang melibatkan jaringan (network), norma-norma (norms), dan kepercayaan sosial (social trust) yang mendorong pada sebuah kolaborasi sosial (koordinasi dan kooperasi) untuk kepentingan bersama.

Modal sosial yang kental dan tangguh dicirikan antara lain oleh tumbuh dan berkembangnya unsur keterpercayaan sosial (social trust), adanya tatanan/budaya saling menghargai dan memberi pengakuan atas perbedaan antarwarga masyarakat, tumbuh dan berkembangnya demokratisasi, solidaritas mekanik dan organik, serta adanya pemimpin masyarakat yang berperilaku positif dan menjadi acuan masyarakat dalam berperilaku yang dianut secara bersama (shared behavior) (Santoso, 2012). Wilayah yang mempunyai tingkat modal sosial yang tinggi ditandai dengan banyaknya penduduk yang terlibat dalam organisasi sukarela dan jaringan antarwarga yang kuat. Jaringan semacam ini sangat berperan dalam menggalang masyarakat dalam perbaikan kesejahteraan ekonomi.

Namun, beberapa tahun terakhir sejak Pilkada Gubernur DKI 2012 mulai terlihat gejala retaknya modal sosial dalam proses pembangunan baik di level daerah maupun nasional. Hampir sebagian besar kebijakan dan program, pemerintah selalu mendapatkan komentar negatif sampai dengan penentangan dari sebagian masyarakat. Kemudian akan dilanjutkan dengan adu meme, lelucon, sampai dengan teks berisi makian yang hanya akan mereda ketika muncul isu baru yang menjadi kontroversi lanjutan. Demikian seterusnya dan sampai sekarang masih berlangsung fenomena yang sama sebagaimana diperlihatkan di level Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Presiden Joko Widodo pada tingkat nasional.

Berdasarkan riset terbaru We Are Social awal 2018, dari total populasi Indonesia 265,4 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 130 juta dengan penetrasi 49 persen. Peringkat teratasnya diisi oleh Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Line, BBM, dan Twitter. Di arena inilah umumnya para pegiat pro-kontra bertarung dan berlomba untuk memproduksi isu konten, saling menyindir, mengejek, menghina, merusak kredibilitas, memperbesar pengaruh dan pengikutnya. Apalagi sebagian besar media sosial ini juga bisa saling terkoneksi (konvergen) satu sama lain termasuk dengan media konvensional yang berbasis digital.

Di arena pertempuran digital yang bebas dan tak bertuan itu moral, etika, dan pengawasan seolah menjadi barang mewah. Dengan bungkus kebebasan berpendapat, berekspresi, bercanda (lelucon), kreativitas anak muda, karya seni, dan sebagainya seringkali memicu kontroversi yang kebanyakan jika berperkara secara formal cenderung menguntungkan pihak penguasa.

Keriuhan Digital

Situasi tersebut, mengacu pada Nicole A. Cooke, membawa masyarakat dalam era "post-truth", yakni "sebuah era di mana audiens lebih percaya informasi yang membangkitkan emosi atau keyakinan pribadi yang sudah ada, untuk menentang pencarian dan bersedia menerima informasi yang dipandang faktual serta objektif."

Dalam era digital berkembang fenomena di mana keyakinan akan menegasikan fakta. Media sosial juga merangkum para pemilik akun dalam gelembung-gelembung penyaring (juga diacu sebagai "echo chambers"), yang merupakan hasil dari perawatan secara hati-hati atas feed di media sosial sehingga para pemilik akun tersebut dikelilingi oleh orang-orang berpikiran serupa dan informasi yang kongruen dengan keyakinan yang ada.

Sebagian karena memang sudah merasuk ke dalam, tertanam ke aspek terdalam afeksi berupa perasaan pernah "kalah" sehingga kehilangan kemampuan untuk menggunakan kognisi ataupun rasionalitas. Penyalurannya melalui katarsis berupa kegembiraan jika sudah mampu membungkus hinaan dalam bentuk ragam kreativitas akan semakin membawa masing-masing kelompok tenggelam dalam militansi kebenaran versi masing-masing.

"Truth" sesungguhnya juga sulit muncul akibat rendahnya social trust karena selalu dianggap menjadi tafsiran salah satu pihak. Kalaulah "truth" itu memang ada, ia akan diupayakan menjadi kabur atau dimunculkan keraguan akan kebenarannya melalui fake news, mis-information, dan dis-information. Menurut Ralph Keyes, post-truthfulness membangun sebuah bangunan sosial yang rapuh berdasarkan pada kewaspadaan. Mengikis fondasi kepercayaan yang mendasari peradaban yang sehat.

Dan, situasi ini seperti tidak ada ujungnya. Sehingga beberapa pihak gelisah dan memberikan berbagai istilah keprihatinan seperti perpecahan, terbelahnya bangsa, yang pada gilirannya akan melemahkan social trust antarmasyarakat sebagai unsur utama modal sosial untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Kemampuan untuk menggerakkan partisipasi masyarakat ke pertarungan digital ini luar biasa efektif jika dibandingkan dengan menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pembangunan.

Pesan komunikasi pembangunan apapun dari pemerintah selalu dianggap salah bagi satu pihak dan disanjung setinggi langit dari pihak lainnya. Bahkan tidak jarang muncul ahli ekonomi dadakan, ahli kesehatan dadakan, dan ahli-ahli dadakan lainnya. Public figure seperti seniman bahkan intelektual secara terbuka menceburkan diri dalam keriuhan di dunia digital. Mungkin kemampuan komunikasi politik mereka cukup baik untuk menggantikan peran yang seharusnya dilakukan oleh anggota parlemen melalui perdebatan-perdebatan di ruang legislatif.

Kepentingan Bersama

Beberapa program pembangunan dan kebijakan pemerintah yang memerlukan dukungan atau partisipasi masyarakat seringkali mengalami hambatan dan tertunda akibat rendahnya modal sosial. Padahal zaman sekarang mazhab percepatan pembangunan di banyak negara condong pada bentuk partisipasi masyarakat. Pendekatan top down sering dipersepsikan sudah kurang sesuai dengan perkembangan zaman.

Di sinilah pentingnya modal sosial berupa social trust berperan untuk menyukseskan program-program pemerintah pusat dan daerah. Terutama yang berkaitan dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia dan pengurangan tingkat kesenjangan kaya-miskin yang belum terimbas dari masifnya pembangunan infrastruktur.

Pembangunan bertautan dengan matra sosial, khususnya modal sosial yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi prinsip-prinsip yang melandasi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan sosial suatu negara. Negara-negara yang dikategorikan sebagai "high trust societies", menurut Fukuyama, cenderung memiliki keberhasilan ekonomi yang mengagumkan. Sebaliknya, "low trust societies" cenderung memiliki kemajuan dan perilaku ekonomi yang lebih lamban dan inferior.

Kunci dari modal sosial adalah trust atau kepercayaan. Dengan trust, orang-orang bisa bekerja sama dengan baik. Karena ada kesediaan di antara mereka untuk menempatkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Trust bagaikan energi yang dapat membuat kelompok masyarakat atau organisasi dapat bertahan. Trust yang rendah mengakibatkan banyak energi terbuang karena dipergunakan untuk mengatasi konflik yang berkepanjangan.

Perlu upaya dari pihak berkuasa untuk meredakan ketegangan dan merangkul kelompok masyarakat yang memiliki perbedaan pandangan dan orientasi politik, termasuk mereka yang memilih diam karena malas atau enggan ekspresif. Bukan dengan mengeraskan sikap, mempertontonkan kenikmatan berkuasa, selalu menyalahkan orang lain, mengancam, atau ingin meminggirkan dengan berbagai cara.

Memang diperlukan kebesaran hati melalui komunikasi yang persuasif secara langsung maupun di media sosial. Tidak hanya di tingkat para elite tetapi juga perlu diturunkan ke level horisontal rakyat terbawah sehingga meskipun tidak menyenangkan tapi setidaknya memperlihatkan adanya sikap ketulusan dan keinginan mengajak saling bekerja sama untuk pembangunan bersama. Para komunikator, opinion leader, cyber troops, buzzer, endorser, atau apapun sebutannya perlu diajak untuk berada dalam garis yang sama untuk berupaya membangun social trust. Paling tidak harus ada yang memulainya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image