Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

SpaceX Luncurkan Satelit untuk Tingkatkan Konektivitas Internet ke Desa-desa

Info Terkini | Monday, 19 Jun 2023, 21:37 WIB
SATRIA-1 (kominfo.go.id/SSDarindo)

Perusahaan roket Indonesia dan Elon Musk, SpaceX pada hari Senin meluncurkan satelit telekomunikasi terbesar di negara itu dari Amerika Serikat, dalam proyek senilai $540 juta yang dimaksudkan untuk menghubungkan sudut-sudut terpencil nusantara ke internet.

Kira-kira dua pertiga dari 280 juta penduduk Indonesia sudah menggunakan internet, tetapi konektivitas terbatas di pulau-pulau timur yang jauh dan terbelakang di negara Asia Tenggara itu.

“Teknologi satelit akan mempercepat akses internet ke desa-desa di daerah yang tidak terjangkau fiber optik dalam 10 tahun ke depan,” kata Mahfud MD, Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika dalam pernyataan menjelang peluncuran kepada media.

Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) seberat 4,5 ton dibangun oleh Thales Alenia Space dan dikerahkan ke orbit dari Florida oleh roket Falcon 9 SpaceX, yang kemudian kembali ke lokasi lepas pantai dalam pendaratan presisi.

Satelit tersebut akan menempati slot orbit di atas wilayah Papua bagian timur Indonesia. Ini memiliki kapasitas throughput 150 gigabyte per detik dan akan menyediakan akses internet ke 50.000 titik layanan publik, kata pemerintah Indonesia.

Proyek ini merupakan kemitraan publik-swasta antara pemerintah dan penyedia layanan satelit Indonesia PT Satelit Nusantara Tiga. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image