Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maria Nathalia Zanetha

Stress Saat Kuiah, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 17 Jun 2023, 14:11 WIB

Sebagai mahasiswa, tentu kita pernah mengalami rasanya depresi atau stress saat menjalani kewajiban kita, kuliah. Jadwal kuliah yang sangat padat, kegiatan diluar perkuliahan yang juga padat, serta tuntutan orang tua dan keluarga untuk mendapat ipk yang bagus juga bisa menjadi penyebab kita mengalami depresi atau stress saat kuliah.
Beberapa penyebab depresi terjadi pada saat perkuliahan antara lain dapat dilihat di bawah ini.

Prioritas
Salah satu penyebab umum stres pada mahasiswa adalah tidak mampu mengatur dan mempriotaskan kegiatan dan pekerjaan mereka.

Pola makan yang buruk
Pola makan yang buruk dan diet yang tidak sehat juga dapat menyababkan kamu mudah stres.

Persaingan
Ketika kamu ingin masuk sekolah terbaik, pasti akan selalu ada kompetisi, yang kadang membuat kamu kehilangan kendali.

Beban kerja
Beban kerja pada pada pendidikan yang lebih tinggi pasti mempunyai beban yang lebih berat dari pada sebelumnya, seperti tugas kuliah, praktek, membuat proposal hingga menulis skripsi dan menanti sidang kelulusan.

Organisasi
Sekolah adalah yang utama dan bersosialisasi adalah yang kedua. Butuh kemauan keras untuk dapat menyeimbang kedua hal tersebut. Mengumpulkan niat lalu mempraktekannya adalah hal yang paling sulit.

Keuangan
Cukup banyak mahasiswa baru yang mengalami stres dikarenakan biaya kuliah saat ini yang sangat mahal, mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup sehari-hari, sampai tempat tinggal jika rumah kamu jauh atau berada di luar kota dari kampus.

Mengatur waktu
Ini permasalah yang cukup besar. Biasanya mahasiswa sangat sulit membagi waktu karena tidak ingin melewatkan semua kesenangan di masa kuliah

Dari penjelasan mengenai penyebab stress saat kuliah, maka dari itu bisa disimpulkan mengenai beberapa cara mengatasi stress atau depresi saat bekuliah.

Beristirahat yang cukup
Istirahat yang cukup bisa membuat kita terhindar dari stress, dimana kita bisa merelaksasikan pikiran kita dengan tenang dan mengistirahatkan badan kita setelah melakukan kegiatan atau hal yang berat.

Mengatur pola makan sehat
Dengan cara mengatur makanan yang dimana harus selalu ada sayur setiap kali kita akan makan. Makan sayuran bisa menjadi landasan kita untuk menambah energi dan vitamin didalam tubuh kita.

Mengatur skala prioritas
Baik dalam hal keuangan maupun hal perkuliahan, kita harus melakukan kepentingan yang lebih penting daripada yang tidak penting. Baik dalam organisasi pun seperti itu, supaya tidak ada hal yang bertabrakan ataupun hal yang tidak diinginkan terjadi.

Itu tadi beberapa penyebab terjadinya depresi dan cara pencegahan dari depresi pada saat kuliah. Aturlah waktu dan jaga kesehatan sebaik mungkin, sehingga kita bisa melakukan kewajiban kita sebagai mahasiswa dengan tanggung jawab dan lebih baik lagi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image