Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Berapa Batas Aman Makan Maksimal Mie Instan untuk Tubuh

Info Terkini | Saturday, 17 Jun 2023, 06:21 WIB

Solo – Mie instan merupakan salah satu makanan instan yang snagat digemari dinegara Indonesia. Kenapa tidak? Dikarenakan Mie instan merupakan makanan yang sangat mudah dikonsumsi hanya dengan direbus dan siap untuk dimakan. Selain itu harga mie instan yang murah meriah dengan berbagai merk yang banyak juga menjadi pilihan menu makan setiap hari.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika menangani pasien/Foto : Dokpri

Kalangan yang paling menyukai mie instan adalah kalangan mahasiswa anak kost dimana mereka selalu menghemat uang atau mengirit makanan supaya bisa bertahan hidup selanjutnya. Mie instan juga merupakan salah satu makanan yang menjadi kegemaran didunia dan tidak hanya di Indonesia. Bahkan mie instan merk dari Indonesia yaitu Indomie masuk dalam kategori makanan yang paling enak sedunia.

Tapi ada hal yang penting yang harus diketahui tentang batas aman maksimal dalam mengkonsumsi mie instan setiap hari. Karena mie instan apabila dikonsumsi setiap hari secara berlebihan akan berdampak jelek bagi kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Ada batas aman yang boleh dikonsumsi setiap harinya apabila tidak ingin mendapatkan efek samping dari makanan tersebut. Selain mengandung zat pengawet Mie Instan mengandung zat berbahaya salah satunya Proplene Glycol yang jelas merusakan dan menganggu kerja hati. Gagal Ginjal.

Tetapi ada batas aman dalam mengkonsumsi mie instan tersebut yaitu mie instan tidak boleh dikonsumsi lebih dari dua kali dalam sepekan. Jadi boleh mengkonsumsi mie instan tetapi tidak boleh dikonsumsi lebih dari 2x seminggu. Alasannya adalah mie instan mengandung natrium yang sangat tinggi, MSG dan zat pengawet jika dikonsumsi secara berlebihan.

Terlalu berlebihan mengkonsumsi mie instan bisa membawa dampak buruk antara lain : Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang disebabkan dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi natrium atau garam yang tinggi. Efek negatif selanjutnya adalah bisa menyebabkan diabetes dikarenakan mie instan mengandung tinggi karbohidrat yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Terlalu banyak tinggi karbohidrat berpotensi menurunkan kinerja hormon insulin dan memicu diabetes mellitus.

Efek negatif selanjutnya adalah bagi wanita hamil bisa menyebabkan keguguran, dikarenakan kandungan garam dan zat pengawet didalam mie instan dapat memperlambat pembentukan ginjal pada janin bayi. Jika proses tersebut terhambat maka janin tidak akan dapat menyerap dengan baik nutrisi tubuh serta akan menyebabkan kematian pada bayi didalam kandungan.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa meskipun Mie Instan memiliki banyak kandungan berbahaya apabila dikonsumsi terlalu berlebihan tetapi mie instan juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan apabila dikonsumsi secarabaik dan benar. Manfaat kesehatan mie instan antara lain : mie instan memiliki sumber energi yang baik, mengandung mikronutrein yang penting bagi tubuh yang tertera dalam kemasan, membantu berat badan tetap ideal dan mudah untuk disajikan. *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image