Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Azrel Prila

Tiktok Menjadi Media Sumber Informasi Generasi Z Dibandingkan Google

Teknologi | 2023-06-16 16:31:32
Sumber: nogood

Sosial media telah menjadi bagian penting dalam kehidupan Generasi Z. Sosial media digunakan sebagai sarana untuk berinteraksi dengan teman, mengetahui tren terbaru, menemukan informasi baru, atau bahkan hanya untuk hiburan semata. TikTok merupakan salah satu sosial media yang sedang populer di kalangan Generasi Z saat iniSosial media telah menjadi bagian penting dalam kehidupan Generasi Z. Sosial media digunakan sebagai sarana untuk berinteraksi dengan teman, mengetahui tren terbaru, menemukan informasi baru, atau bahkan hanya untuk hiburan semata. TikTok merupakan salah satu sosial media yang sedang populer di kalangan Generasi Z saat ini

TikTok adalah sebuah platform video dan jaringan sosial yang berasal dari Tiongkok dan diluncurkan pada bulan September 2016. Kelebihan yang dimiliki oleh TikTok dibandingkan dengan pesaing lainnya adalah kemudahan dan kesederhanaan dalam membuat konten. Aplikasi ini fokus pada video pendek yang menarik perhatian pengguna karena tidak memakan waktu yang lama. Pengguna dapat dengan mudah menemukan konten yang diminati dan beralih ke video lainnya jika tidak tertarik.

Media sosial tersebut tidak bisa lepas dari kalangan generasi Z. Generasi Z adalah generasi peralihan dari generasi Y saat teknologi mulai berkembang. Menurut kupperchmidt‟s dalam Ulfa, Z. D., & Perdana, J. A. (2022), Generasi Z ialah generasi yang lahir tahun 1995 sampai 2010. Karakteristik generasi Z, menurut Grail Research (2011), adalah generasi pertama yang sebenar-benarnya generasi internet. Jika generasi sebelumnya yaitu Y masih mengalami transisi teknologi hingga menuju internet, maka generasi Z lahir saat teknologi tersebut sudah tersedia.

Wakil Ketua Umum Public Affairs Forum Indonesia (PAFI) Sofyan Herbowo menyatakan media sosial menjadi sumber informasi pertama yang diakses Gen Z. “Survei dari agensi public relations Praxis menunjukkan bahwa TikTok sebesar 63% merupakan platform sumber informasi yang paling sering dikonsumsi Gen Z,” katanya, di Jakarta, Senin, 10/04/2023, sebagaimana dikutip dari pemberitaan media nasional.

Tiktok menjadi media sosial yang paling banyak dipakai generasi Z sebagai sumber informasi. Berdasarkan hasil survei Jakpat, ada 24% responden dari generasi kelahiran 1997-2012 itu yang menggunakan TikTok untuk mencari informasi.

Disebutkan melalui CNBC Indonesia, pihak Google menyebutkan bahwa “Dalam penelitian kami, hampir 40% generasi Z, ketika mereka mencari tempat untuk makan siang, mereka tidak membuka Google Maps atau Penelusuran (Search). Mereka akan mengecek TikTok” jelas Senior Vice President Google Prabhakar Raghavan. Terbukti bahwa generasi Z lebih mengandalkan tiktok untuk menjadi sumber informasi mereka.

Beberapa alasan generasi Z lebih memilih menggunakan tiktok dibandingkan google:

 

  • Tiktok lebih interaktif dan kreatif

 

  • Format informasi dikemas dengan visual berupa video karena dianggap lebih menarik

 

  • Dapat menemukan segala informasi yang sesuai dengan topik melalui hastag

 

  • Informasi cepat terupdate

 

  • Informasi lebih mendetail

Konten informasi yang berada di tiktok juga cukup beragam dikemas dalam video durasi pendek dengan isi yang menarik perhatian dan berguna dalam kehidupan sehari. Salah satu informasi yang lebih unggul dari pada google adalah konten menemukan tempat tempat seru dan menarik sesuai dengan kegiatan yang akan kita jalankan. Misalnya ingin mencari tempat untuk pergi bekerja di café nantinya akan banyak referensi tempat dengan keadaan yang mendukung untuk kita bekerja di café, selain itu informasi akan lebih mendetail dengan adanya review langsung dari orang yang sudah pernah berkeunjung lansung ke tempat. Konten lainnya yang lebih unggul dibanding google dan menjadi daya tarik generasi Z untuk lebih menggunakan media social tiktok adalah tips and trik mulai dari cara memasak, mengerjakan tugas, cara padu padakan pakaian, hingga mendekor rumah. Informasi dikemas dengan bentuk video sketsa atau bahkan dipraktekan secara langsung, maka dari beberapa konten tersebut tiktok akan jauh lebih menarik dibandingkan dengan google menurut generasi Z.

Banyaknya pengguna generasi Z di konten tiktok yang menyebarkan konten edukatif merupakan salah satu daya tarik untuk generasi Z lebih memanfaatkan TIktok dibandingkan Google search. Bisa dibilang lebih relate dari segi cara memberikan informasi, cara berfikir, dan hal yang sedang dihadapinya dengan rentan umur yang sesuai jika mencari informasi di Tiktok.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image