Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Rizqi Amalia

Manfaat Bermain Sudoku untuk Segala Usia

Eduaksi | Thursday, 15 Jun 2023, 14:08 WIB

Sudoku merupakan permainan mengasah otak dengan mencocokkan angka ke tanpa melakukan pengulangan. Itu dimainkan pada kisi 9x9, yang selanjutnya dibagi menjadi sub-kisi 3x3. Tujuan dari permainan ini adalah mengisi setiap sel grid dengan angka dari 1 sampai 9 sedemikian rupa sehingga setiap baris, kolom, dan sub-grid berisi semua angka dari 1 sampai 9 tanpa pengulangan. Permainan ini memaksa otak untuk berpikir secara strategis dan sistematis untuk memecahkan teka-teki. Alhasil, otak pun menjadi lebih tajam, fokus, dan kritis.

Sudoku adalah sebuah permainan teka-teki berbasis logika yang tidak memerlukan banyak perhitungan matematika, melainkan membutuhkan keterampilan logis dan deduktif. Meskipun teka-teki Sudoku tidak berkaitan langsung dengan matematika, permainan ini melibatkan pemikiran logis dan keterampilan dalam memecahkan masalah yang dapat membantu dalam memahami konsep matematika. Bahkan, permainan Sudoku dapat dijadikan sebagai cara yang menyenangkan untuk melatih konsep matematika seperti logika, penalaran, dan pola.

Teka-teki Sudoku hadir dalam berbagai tingkat kesulitan, mulai dari yang mudah hingga yang sangat sulit. Artinya, Sudoku adalah permainan teka-teki angka yang menyenangkan dan menantang yang dapat dinikmati oleh semua orang, tanpa memandang usia atau tingkat keahlian. Permainan ini mudah dipelajari, tetapi sulit dikuasai, yang membuatnya sangat membuat ketagihan.

Bagi anak-anak, Sudoku menjadi permainan menantang yang melatih proses berpikir dan kesabaran. Anak belajar untuk pantang menyerah dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Selain itu, pola pikir anak menjadi lebih kompetitif karena berusaha untuk memecahkan teka-teki, menyusun strategi, dan atau mencoba untuk menyelesaikan lebih cepat dari sebelumnya. Bagi anak sekolah, bermain Sudoku dapat meningkatkan pemahaman belajar terutama pada mata pelajaran matematika. Dengan pembelajaran yang lebih menarik, siswa akan lebih mudah mengasah otak melalui permainan, tidak hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional saja.Bagi orang dewasa, Sudoku memiliki hubungan dengan memori kerja otak. Bermain Sudoku dapat meningkatkan kinerja otak sehingga lebih aktif dan mengurangi resiko kepikunan.

Menyelesaikan teka-teki Sudoku yang sulit bisa menjadi tantangan yang menarik namun juga sangat bermanfaat. Berikut adalah beberapa tips untuk menyelesaikan teka-teki Sudoku yang sulit:

  1. Gunakan pensil: Selalu gunakan pensil ketika menyelesaikan teka-teki Sudoku agar Anda dapat menghapus kesalahan dengan mudah. Bisa juga dengan bermain Sudoku secara online agar lebih mudah untuk menandai kemungkinan dan menghapus kesalahan.
  2. Catat kemungkinan angka pada kotak terbuka: Menuliskan kemungkinan angka pada kotak terbuka adalah hal yang penting ketika menyelesaikan teka-teki yang rumit.
  3. Pindai papan untuk menemukan angka yang tersembunyi: Cari angka yang tersembunyi dengan memindai papan untuk mencari baris, kolom, atau kotak yang memiliki angka terbanyak.
  4. Gunakan warna dan simbol yang berbeda untuk menandai solusi: Menggunakan warna dan simbol yang berbeda dapat membantu menguji dan menghilangkan kemungkinan.
  5. Gunakan strategi yang lebih maju: Strategi yang lebih maju digunakan pada level teratas dari teka-teki ini dan dapat membantu mengurangi kemungkinan atau menemukan solusi untuk sel tertentu.

Jika Anda tertarik untuk bermain Sudoku secara online, ada beberapa situs web yang menyediakan permainan ini secara gratis, antara lain:

  • Sudoku.com: Situs web ini menyediakan permainan Sudoku yang mudah untuk pemula.
  • Mathisfun.com: Situs web ini menyediakan permainan Sudoku yang baik untuk melatih keterampilan berpikir logis dan memecahkan masalah.
  • NYTimes.com: Situs web ini menyediakan permainan Sudoku mulai dari yang mudah hingga yang sulit.
  • Math.com: Situs web ini menyediakan permainan Sudoku dan juga alat untuk memecahkan permainan Sudoku.

Itulah manfaat dari bermain sudoku untuk segala usia. Jika Anda seorang anak atau orang dewasa, mulailah bermain sudoku untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam dan meningkatkan keterampilan logis Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image