Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anindita Alifia Sudarmawan

Inilah Manfaat Sensus Pertanian yang di Nilai Sangat Penting!

Eduaksi | Thursday, 15 Jun 2023, 07:04 WIB

Sensus pertanian merupakan suatu kegiatan pengumpulan data yang dilakukan melalui pencacahan seluruh petani, rumah tangga pertanian, dan perusahaan pertanian di seluruh wilayah Indonesia untuk memperoleh karakteristik pertanian pada saat tertentu. Hasil dari sensus pertanian ini yang nantinya akan digunakan oleh pemerintah baik itu Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam menyusun perencanaan dan mengevaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya di sektor pertanian.

Kebijakan Pemerintah sektor pertanian di Indonesia sangat penting dilakukan. Sensus Pertanian yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik memberikan kebutuhan data pertanian baik di level nasional maupun level global. Kebijakan dalam kegiatan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) merancang agar hasil yang diperoleh berstandar Internasional. Sensus Pertanian berstandar Internasional mengacu kepada program FAO yang dikenal dengan World Programme for the Census of Agriculture (WCA). Dengan terwujudnya Ketahanan Pangan mulai dari tingkat individu dan rumah tangga, desa, kecamatan, kabupaten, provinsi hingga Ketahanan Pangan Nasional menjadi cita-cita Nasional.

Sesus pertanian ini memiliki tujuan penting dalam upaya pengembangan sektor pertanian Indonesia. Sehingga mampu membuahkan data yang memiliki nyawa untuk dijadikan dasar perencanaan pembangunan pertanian yang lebih berkualitas dan sesuai dengan fakta dilapangan. Selain itu pelaksanaan sensus pertanian diadakan untuk mendapatkan dan memperbaiki data statistik pertanian yang lengkap dan akurat supaya diperoleh gambaran yang jelas tentang struktur pertanian di Indonesia. Memperbaiki data tentang petani di indonesia secara lengkap setelah didapat profil petani imbasnya akan terhimpun data petani yang bagus dan lengkap dimana dapat digunakan menyusun kebijakan pemerintah. Hasil sensus pertanian ini dapat digunakan sebagai data dasar untuk memperbaiki perkiraan produksi tanaman pangan, holtikultura, perkebunan, kehutanan, peternakan dan perikanan yang termasuk juga populasi pohon atau ternak, yang diperoleh dari survei-survei pertanian rutin.

Badan Pusat Statistik (BPS) selaku penyelenggara utama sensus pertanian, harus bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh komponen bangsa, khususnya dalam menyusun pertanyaan itu sendiri. Pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 ini akan berhasil jika di dorong oleh niat, tekad dan kesungguhan dari semuanya. Sensus pertanian bukan hanya garapan BPS, namun juga kehormatan dan tanggung jawab bersama yang memiliki kepentingan terhadap data.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image