Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fathiyyah NA

Semua yang Ada di Bumi telah Ditetapkan dalam Al-Quran

Agama | Wednesday, 14 Jun 2023, 14:20 WIB
Sumber Liputan6.com

Pada alam semesta telah tersusun dari beberapa komponen-komponen yang terdiri dari atom-atom yang membentuk molekul. Atom merupakan partikel terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Setiap materi di alam semesta ini tersusun atas partikel-partikel yang sangat kecil. Dalam atom terdapat beberapa muatan berupa neutron dengan muatan netral, elektron dengan muatan negatif, dan proton dengan muatan positif. Hal ini merupakan ciptaan Allah yang ukurannya telah ditentukan oleh Sang Pencipta. Hal ini sesuai dengan Q.S. Al-Qamar: 49, yang bunyinya:

انا كل شيء خلينه بقدر [٤٩]

Artinya: "Sungguh, Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran."

Dari atom tersebut sehingga terbentuklah bumi ini yang disusun oleh partikel-partikel atom. Sehingga, di bumi terdapat adanya langit, udara, air, laut, terjadinya perubahan waktu antara siang dan malam, dan masih banyak lagi. Seperti pada surat berikut:

ان في خلق السموت والارض واختلاف اليل والنهار والفلك التي تجري فى البحربما ينفع الناس ومآ انزل الله من السمآء من مآء فاحيابه الارض بعد موتها وبث فيها من كل دآبة وتصريف الريح والسحاب المسخر بين السمآء والارض لايت لقوم يعقلون [١٦٤]

Artinya: "Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi, pergantian malam dan siang, kapal yang berlayar di laut dengan muatan yang bermanfaat bagi manusia, apa yang diturunkan oleh Allah dari langit berupa air, lalu dengan itu dihidupkan-Nya bumi setelah mati (kering), dan Dia tebarkan di dalamnya bermacam macam binatang, dan perkisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi, semua itu sungguh, merupakan tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang mengerti." (Q.S. Al-Baqarah: 164).

Langit merupakan keseluruhan alam semesta, karena di langit kita dapat melihat betapa luasnya bumi dan alam semesta ini. Selain itu, kita dapat melihat benda-benda yang berada di angkasa, seperti matahari, bulan, bintang, dan planet-planet lainnya. Di langit juga terdapat atmosfer, dimana atmosfer ini terdapat beberapa lapisan seperti galaksi bumi. Lapisan pada atmosfer ada 7, diantaranya lapisan troposfer,

Kemudian ada udara, udara terdiri dari berbagai campuran gas. Kita sangat membutuhkan udara untuk bernafas, tanpa udara kita tak bisa bernafas, sehingga kita akan sesak nafas dan meninggal. Tak hanya pada kita tetapi juga pada hewan. Selain bermanfaat untuk kita, tetapi juga bermanfaat untuk semua makhluk hidup di bumi ini. Contohnya pada tumbuhan, udara membantu proses terjadinya fotosintesis, penyerbukan, penyebaran spora,

Air tak kan lepas dari kehidupan, karena kita sangat membutuhkan air untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Seperti kita minum dengan air, mencuci baju menggunakan air untuk membilas, memasak sayur juga menggunakan air sebagai kuahnya, dan masih banyak lagi. Tak hanya kita yang membutuhkan air, tetapi hewan dan tumbuhan juga membutuhkan air untuk minum, mandi, dan menyuburkan tumbuhan, dll. Dan setiap makhluk hidup pasti membutuhkan satu sama yang lain.

Air yang digunakan oleh makhluk hidup selalu mengalami siklus air atau siklus hidrologi. Siklus hidrologi adalah sirkulasi air yang selalu berproses kembali atau tidak pernah berhenti dari atmosfer ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer melalui proses kondensasi, presipitasi, evaporasi, dan transpirasi. Prosesnya siklus hidrologi disertai dengan pemanasan air laut yang dibantu oleh sinar matahari. Hujan merupakan salah satu terjadinya siklus hidrologi, kemudian diserap oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis dan mengalir pada sungai hingga kembali ke laut dan naik ke atmosfer. Dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl sudah tercantum terjadinya hujan dan manfaat air bagi makhluk hidup, sebagai berikut:

هو الذي انزل من السمآء مآء لكم منه شراب ومنه شجر فيه تسيمون [١٠] ينبت لكم به الزرع والزيتون والنخيل والاعناب ومن كل الثمرت (قلى) ان في ذلك لايةلقوم يتفكرون [١١]

Artinya: “Dia-lah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternak mu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl: 10-11).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image