Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rifat Noer Alfareza

Peningkatan Investasi di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19

Edukasi | Sunday, 11 Jun 2023, 08:25 WIB

Saat ini ekonomi Indonesia sedang mengalami masa transisi setelah terdampak pandemi selama beberapa tahun. Pandemi menyebabkan beberapa sektor ekonomi di Indonesia mengalami penurunan yang berpengaruh terhadap pendapatan nasional. Hal ini tentu mengakibatkan terjadinya ketidakstabilan kegiatan investasi di Indonesia, dikarenakan banyak investor yang mengurungkan niat untuk berinvestasi akibat dari pandemi yang menerpa Indonesia.

Ilustrasi investasi di Indonesia. F dok suaratimur

Saat ini pemerintah Indonesia sedang berusaha untuk meningkatkan kembali pendapatan nasional dengan berupaya memunculkan kembali kepercayaan para investor. Seperti halnya teori yang dikemukakan oleh Harrod-Dommar, yaitu bahwa di dalam suatu perekonomian dibutuhkan suatu pembentukan modal sebagai tambahan stok modal. Penambahan modal sendiri sangat berguna untuk menambah kesanggupan suatu perekonomian dalam memenuhi kebutuhan permintaan produk seluruh masyarakat.

Pelaksanaan investasi yang ingin dilakukan oleh pemerintah sekarang menggunakan metode fleksibilitas yang tercantum pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 53/PMK.05/2020 yang berisikan tentang langkah pemerintah dalam melaksanakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Pada tahun 2023, Presiden Joko Widodo memiliki target investasi nasional dapat tembus mencapai 1,4 triliun. Hal itu didukung dengan adanya beberapa perbaikan mengenai regulasi-regulasi yang ada guna mempercepat pencapaian target nilai investasi yang ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo. Pemerintah akan melihat catatan laporan ekonomi nasional serta stabilitas nya yang akan dijadikan faktor penentu bagaimana kondisi ekonomi nasional.

Kementerian Investasi / BKPM telah merilis data realisasi investasi di triwulan 1 tahun ini. Menurut data yang telah di rilis, realisasi investasi di triwulan 1 meningkat 16,5% dibandingkan tahun lalu dengan nilai investasi sebesar 328,9 triliun yang menjadikan semakin banyaknya lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Daerah yang menyumbang nilai investasi terbanyak yaitu provinsi Jawa Barat sebesar 50 triliun serta sektor yang menjadi penyumbang terbanyak nilai investasi yaitu di sektor Industri Logam Dasar, Barang Logam, Bukan Mesin, dan Peralatannya sebesar 46,7 triliun.

Pada dasarnya meningkatkan investasi Indonesia pasca pandemi Covid-19 memiliki banyak peluang dan tantangan yang perlu diperhatikan. Potensi pasar domestik yang besar, sumber daya alam yang melimpah, serta upaya pemerintah dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif adalah contoh peluang yang dimiliki Indonesia. Sedangkan tantangannya berupa pemulihan ekonomi yang berkelanjutan, perlindungan terhadap kesehatan masyarakat, reformasi regulasi yang lebih lanjut dan peningkatan kualitas infrastruktur.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah melanjutkan reformasi struktural dan memperbaiki iklim investasi yang ada. Upaya untuk memperkuat hukum dan keamanan, memangkas birokrasi yang berlebihan, serta meningkatkan efisiensi perizinan adalah langkah-langkah penting yang harus ditempuh. Selain itu, harus ada kolaborasi yang tercipta antara pemerintah Indonesia, sektor swasta dan lembaga keuangan juga diperlukan agar bisa menicptakan kerangka kerja yang menguntungkan bagi investor.

Kerjasama internasional juga berperan penting dalam peningkatan investasi di Indonesia. Kerjasama bilateral, investasi asing dan pembukaan pasar dapat langsung mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja sehingga pemerintah juga perlu membangun hubungan yang baik dengan negara-negara mitra dan memperluas jaringan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi.

Dari pemaparan tersebut, didapatkan kesimpulan bahwa sejauh ini banyak tantangan yang dialami oleh pemerintah Indonesia dalam meningkatkan investasi apalagi pasca pandemi Covid-19, akan tetapi dengan upaya yang dilakukakan pemerintah dalam memperbaiki stabilitas ekonomi nasional memberikan peluang untuk memulihkan investasi pasca pandemi. Peningkatan investasi akan memberikan dampak positif dalam menggerakkan perekonomian, menciptakan lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Dengan reformasi struktural yang terus dilakukan, kolaborasi lintas sektor, dan kerja sama internasional yang kuat, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi tujuan investasi yang menarik bagi para investor di masa depan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image