Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Hukum Berqurban Menurut Imam Mazhab

Agama | Thursday, 08 Jun 2023, 14:53 WIB
Ilustrasi qurban kambing (sumber: https://pixabay.com)

Dalam Islam, kurban syariah adalah penyembelihan hewan kurban, yang dilakukan setelah melakukan sholat Idhul Adha. Berqurban artinya wujud rasa syukur seluruh umat Islam kepada Allah SWT atas nikmat serta karunia yang sudah diberikan.

Menurut ulama fikih madzhab Hanbali, Maliki dan Syafii, hukum berqurban adalah sunnah muakad dan tidak boleh atau makruh menyerahkannya kepada seseorang yang sudah memiliki harta berlebih. Namun menurut Hanafi, wajib bagi yang mampu.

Ukuran kemampuan seseorang berqurban pada hakekatnya sama dengan kemampuan bersedekah, yaitu. kelebihan kekayaan atau uang setelah memenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan dan melengkapi kebutuhan normal seseorang.

Sebagian ulama menjelaskan bahwa hukum berqurban adalah wajib bagi yang mampu, namun bagi umat Islam yang tidak mampu, kewajiban ini gugur. Meskipun kurban merupakan ibadah Sunnah, namun ibadah ini tidak dapat ditolak karena Allah mencintai hamba-hamba-Nya yang ingin menggunakan sebagian hartanya untuk tujuan ibadah.

Qurban adalah ibadah dengan keutamaan dan pilihan hewan qurban dapat diubah sesuai dengan kemampuan. Berbagai ulama telah mengemukakan pendapat tentang penetapan hukum qurban dalam Islam, yang dikaitkan dengan hukum qurban berdasarkan empat madzhab. Ini penjelasannya.

Madzhab Syafi'i

Mazhab Syafi'i berpendapat bahwa hukum ibadah kurban adalah sunnah muakkad, yang merupakan sunnah paling populer, namun hukumnya juga bisa dijadikan makruh bagi orang yang sebenarnya mampu tetapi tidak mau melakukan ibadah kurban.

Mazhab Malik

Mazhab Maliki juga memiliki pendapat yang sama dengan mazhab Syafi'i, yaitu bahwa kurban yang sah adalah muakkad sunnah, yaitu. sunnah yang dianjurkan, namun hukumnya dapat dijadikan makruh bagi orang yang sebenarnya mampu namun tidak mampu. berqurban.

Mazhab Hanafi

Mazhab Hanafi berpendapat bahwa qurban dalam hukum Islam wajib dilakukan setahun sekali. Pernyataan ini memiliki dasar hukum yang sangat jelas berdasarkan firman Allah SWT. Namun, masih ada ulama madzhab hanafi yang tidak sependapat dan menyatakan bahwa hukumnya muakkad sunnah.

Madhab Hambali

Madzhab Hambali juga mengeluarkan pernyataan bahwa kurban dalam Islam adalah wajib, namun hukum ini masih bisa diubah menjadi sunnah jika dilakukan oleh orang yang kurang mampu.

Namun para ulama semua mazhab sepakat bahwa hukum qurban Islam menjadi mengikat setelah bernazar, jadi harus dilakukan dengan baik, apakah Anda punya uang atau tidak, karena Anda telah bersumpah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image