Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image NINA HUSNA

PBSI UIN Jakarta Gelar Pertunjukan Kenang Arifin C Noer

Sastra | Tuesday, 06 Jun 2023, 16:46 WIB

Program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia Universitas Negeri Islam (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar “Lantunan Doa dan Persembahan untuk Arifin C Noer” kegiatan ini dipentaskan pada senin (5/7/23) di Aula Studen Center.

Dokumen pribadi: Pementasan Kapai-kapai oleh PBSI UIN Jakarta

Acara yang dimulai pukul 19.30 WIB tersebut merupakan puncak dari pergelaran Pekan Apresiasi Sastra dan Drama (Pestarama#8). Pekan Apresiasi Sastra dan Drama merupakan hasil unjuk kerja dari mata kuliah Praktikum Drama (Kajian Drama III).

Kegiatan tersebebut mengusung tajuk “Kapai-kapai” yang merupakan salah satu dari karya Arifin Chairin Noer atau yang lebih dikenal Arifin C Noer, beliau merupakan dramawan, penyair, penulis, sutradara film dan sinetron, bahkan beberapa kali memenangkan Piala Citra untuk penghargaan film terbaik, sutradara terbaik, dan penulis scenario terbaik.

Naskah “Kapai-kapai” berkisah tentang Abu yang berusahan mencari kebahagian yang bersifat fana dan tokoh Emak yang selalu mendongengkan tentang Sang Pangeran dan Sang Putri hidup bahagia berkat memiliki cermin tipu daya.

Naskah drama ini memilii nilai sastra yang tinggi, hal ini bisa dilihat dari bahasanya. Bahasa yang digunakan dalam naskah ini sangat puits dan penuh makna, serta memberikan pesan-pesan moral. Ini merupakan kelebihan dari naskah drama Kapai-kapai. Naskah drama ini juga terpilih sebagai salah satu karya antologgi 100 tahun drama Indonesia yang diterbitkan oleh Yayasan Lontar.

Proses persiapan dalam pementasan tahun ini berlangsung selama lima bulan yang diisi dengan rangkaian latihan fisik, vocal, pembacaan naskah, adaptasi naskah, pengadeganan, lokakarya artistik, kostum, musik, dan tata rias wajah, serta manajemen produksi pertunjukan.

Rangkaian Pestarama#8 tahun ini diisi dengan serangkaian acara seperti seminar nasional, panggung ekspresi, lokakarya, pameran, bazar, pementasan drama, dan diakhiri dengan tribute untuk Arifin C Noer yang dilaksanakan di Aula PD HB Jassin, Taman Ismalil Marzuki, Cikini, Jakarta, pada Jumat (9/6/23).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image