Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nova Marvina

Doodling While Studying Method

Eduaksi | Monday, 05 Jun 2023, 22:50 WIB

Setiap orang pasti mempunyai cara tersendiri agar memahami suatu materi untuk dipelajari. Banyak orang memakai cara dengan mencatat hampir semua materi yang telah diberikan pengajar. Hal ini sering membuat orang yang kurang terbiasa belajar menjadi cukup kesulitan mengingat materi karena banyaknya catatan yang harus ditulis, dibaca, dan dipahami. Apalagi saat harus mempelajari banyaknya materi dalam satu malam agar bisa mengikuti ujian pada esok harinya yang biasa disebut dengan sistem kebut semalam.

Mencoret-coret kertas saat sedang belajar adalah kegiatan yang tidak jarang dilakukan oleh banyak orang. Kadang kegiatan mencoret-coret acak ini dapat mengundang teguran orang karena dianggap mengganggu berkonsentrasi belajar. Padahal ternyata teknik doodling while studying ini dapat meningkatkan konsentrasi dan membantu mempercepat mengingat materi.

Doodling While Studying Method

Teknik doodling while studying adalah metode belajar sambil menggambar secara acak. Teknik ini bisa dilakukan dengan cara membaca materi yang telah didapat dari pengajar. Sebisa mungkin materi tersebut tidak terlalu banyak informasi sehingga bisa dirangkum terlebih dahulu. Setelah materinya siap, baca materi tersebut sambil mencoret-coret acak di sebelahnya baik dengan menggunakan media kertas maupun media elektronik dengan alas meja agar lebih mudah. Perlu diingat bahwa doodling tersebut tidak harus bagus, tidak harus membuat suatu karya seni, namun cukup dilakukan secara acak saja. Teknik ini bisa dilakukan sampai selesai belajar.

Doodling while studying memiliki beberapa manfaat selain dapat meningkatkan fokus dan daya ingat, seperti :

1. Doodling mirip dengan teknik yang dilakukan untuk mengurangi beban pikiran dan menjaga otak agar tetap fokus yang biasa disebut dengan fidgeting. Belajar dengan menggunakan metode ini dapat membantu seseorang untuk tetap sadar dan menaruh atensi pada materi.

2. Doodling bisa mengurangi stress sehingga dapat meningkatkan kerja belajar

3. Doodling dapat membuka pikiran otak untuk lebih cepat menyelesaikan masalah dengan kreatif dan tanpa rasa lelah

Seperti yang dilansir Harvard Health, terdapat sebuah eksperimen pada orang yang belajar sambil doodling dan tidak sambil doodling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang belajar sambil melakukan doodling lebih bisa mengingat informasi 29% lebih banyak daripada orang yang belajar namun tidak sambil melakukan doodling. Dapat terbukti bahwa teknik ini bisa mengurangi beban pada pikiran dan meringankan proses belajar.

Nah, itulah teknik belajar doodling while studying untuk seseorang yang sulit konsisten dalam belajar dan mempunyai motivasi yang rendah. Anda juga bisa mencari dan melakukan teknik belajar lain sesuai dengan keinginan dan kemampuan masing-masing. Semoga membantu:).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image