Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sovina Putri-Universitas Airlangga

Penggunaan AI untuk Tugas Sekolah?? Berikut Alasan Tidak Boleh Gunakan AI untuk Tugas Sekolah

Edukasi | Tuesday, 06 Jun 2023, 20:41 WIB
source: leewayhertz.com

Jangan salah paham, AI adalah alat yang hebat sebagai asisten pribadi. Kita sering menggunakannya untuk mengumpulkan ide dan inspirasi sepanjang waktu. Tetapi ketika menyangkut pendidikan Anda, Anda benar-benar harus mempertimbangkan kembali penggunaan AI ...

Berikut ini akan diulas alasan mengapa Anda tidak boleh menggunakan AI untuk menyelesaikan tugas sekolah..

1. Termasuk dalam Tindakan Plagiarisme

Menyalin dan mempresentasikan karya dan ide orang lain sebagai milik Anda dianggap plagiarisme, meskipun hanya AI. Dengan membuat teks melalui Chatgpt atau alat AI lainnya dan menggunakannya untuk esai dan pekerjaan rumah Anda, Anda melakukan penipuan dan membahayakan status pendidikan Anda. Apabila tindakan ini dibudayakan terus-menerus hingga di tingkat universitas atau perguruan tinggi maka akan memberikan dampak yang negatif seperti pelanggaran bahkan drop out.

2. Penggunaan AI yang benar

Gunakan AI sebagai asisten pribadi Anda, bukan sebagai pengganti otak dan ide Anda. Minta AI untuk menjelaskan konsep kompleks dalam bahasa sederhana untuk Anda, gunakan sebagai penerjemah, kalkulator, atau guru. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengumpulkan berbagai perspektif tentang topik tertentu dan memulai percakapan. Tapi SELALU utamakan pikiran Anda sendiri daripada apa yang dikatakan AI kepada Anda. Ingatlah bahwa AI tidak luput dari kesalahan, jadi selalu periksa kembali informasi yang diberikan.

3. C yang jujur lebih baik daripada A yang curang

Penggunaan AI untuk menulis pekerjaan rumah mungkin menggoda dan akan dengan mudah memberi Anda nilai bagus, tetapi apa nilainya jika tidak ada prestasi yang Anda miliki? Anda tidak akan pernah puas dengan diri sendiri jika Anda tidak berusaha keras dalam tugas-tugas Anda. Pada akhirnya, mengetahui bahwa kerja keras Anda terbayar akan membuat Anda lebih bangga daripada menyontek saat bersekolah. Selain itu, kecurangan juga berdampak pada karakter diri Anda yang akan mengarah pada karakter yang negatif.

4. Kehilangan keterampilan hidup

Anda mungkin terkejut mendengarnya, tetapi apa yang Anda pelajari di sekolah sebenarnya dapat bermanfaat bagi Anda di kemudian hari. Jika Anda terus melewatkan kesempatan untuk mempelajari keterampilan penting seperti menulis esai dari awal, meringkas teks secara efisien, atau memecahkan masalah yang kompleks, pada akhirnya Anda akan mengalami konsekuensinya. Mungkin terdengar kejam, tapi itulah kenyataannya.

AI membuat kemajuan besar baru-baru ini. Penting untuk mempelajari cara memanfaatkan kekuatan ini secara efisien tanpa menjadi malas atau mengandalkannya. AI akan lebih bermanfaat apabila dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif dan mendidik. Untuk itu mari gunakan AI secara bijak agar tidak hanya terinspirasi tapi juga menginspirasi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image