Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salsa Zahra A.

Cara Self-Healing Tanpa Menyakiti Diri

Edukasi | Sunday, 04 Jun 2023, 00:19 WIB

Self-healing adalah proses menyembuhkan diri/mencari ketenangan dari permasalahan yang mengganggu pikiran kita yang bahkan bisa membuat putus asa. Namun masih banyak diluaran sana yang lebih memilih untuk menyakiti dirinya sendiri karena mereka berpendapat bahwa melakukan ‘itu’ (self harm) membuat mereka merasa lebih legah, padahal mereka tahu itu adalah perbuatan yang salah.. cobalah untuk mencintai diri sendiri terlebih dahulu, kita semua tahu bahwa itu tidaklah mudah... maka dari itu marilah kita mencoba bersama-sama, ingat kamu tidak sendiri.. mari kita bersama melewati kehidupan yang menurut Anda tidak adil dan kejam ini dengan perlahan.

Berikut adalah beberapa cara self-healing yang dapat dilakukan tanpa menyakiti diri sendiri:

Berbicara dengan diri sendiri: Cobalah untuk berbicara dengan diri sendiri dan mencari tahu apa yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Hal ini dapat membantu Anda memahami perasaan Anda dan menemukan solusi untuk mengatasinya.

Me time: Luangkan waktu untuk diri sendiri dan lakukan aktivitas yang Anda sukai. Hal ini dapat membantu Anda merasa lebih rileks dan tenang.

Berdamai dengan keadaan: Cobalah untuk menerima keadaan yang sedang terjadi dan mencari cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan terhindar dari stres.

Meditasi: Meditasi dapat membantu Anda merelaksasi pikiran dan tubuh. Cobalah untuk meditasi setiap hari selama beberapa menit.

Mengatur pernafasan: Mengatur pernafasan dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan terhindar dari stres. Cobalah untuk mengambil napas dalam-dalam dan menghembuskan napas perlahan-lahan.

Mencoba untuk dapat memaafkan diri sendiri, semua orang pernah berbuat salah, dan semua orang pantas mengubah dirinya menjadi lebih baik juga menjadikannya sebagai pelajaran untuk kedepannya. Di dunia ini tidak ada yang sempurna semua orang pasti punya salah, dan itu bisa diubah jika kita mau berusaha.

Bangun kepercayaan diri dengan tetap berpikir positif, jangan pedulikan mereka yang dapat menyakiti hatimu. Fokus pada dirimu sendiri, karena semua kunci jawaban dari pertanyaan-pertanyaan Anda ada di diri Anda sendiri.

Dengan menggunakan beberapa cara self-healing seperti penjelasan di atas, kita akan semakin mudah untuk bisa bebas dari luka batin yang terpendam.

referensi:

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15289/Healing-dan-Self-Healing.html

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image