Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Giar Sugiarti

Permainan Anak Usia Dini

Sekolah | Thursday, 01 Jun 2023, 20:07 WIB

Motorik adalah kemampuan untuk mengontrol dan memanfaatkan gerakan tubuh.Kemampuan motorik adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh anak sejak dini.Kemampuan ini dibagi menjadi dua,yakni motorik halus dan motorik kasar Kemampuan motorik kasar melibatkan pergerakan otot-otot besar, contoh nya tungkai dan lengan.sedangkan motorik halus adalah gerakan yang melibatkan otot-otot kecil, contohnya jari tangan.kemampuan motorik dapat membantu kemandirian anak.dengan kemampuan motorik yang baik,anak bisa mengenakan pakaian yang berkancing, menggunakan sendok dan melakukan hal lain dalam merawat dirinya sendiri.Tak hanya melalui bangku sekolah, kemampuan motorik ternyata juga dapat anda ajarkan kepada anak di rumah. Salah satu caranya yakni melalui permainan.agar kemampuan motorik mereka berkembang dengan baik.Berikut adalah permainan anak yang dapat membantu merangsang motorik halus mereka.

1.Gelembung sabun permainan murah meriah yang bisa anda sediakan untuk anak dalam rangka merangsang motoriknya, adalah gelembung sabun.permainan meniup gelembung Sabun. Permainan meniup gelembung sabun dapat membantu merangsang otot pada bagian mulut, sehingga anak jadi lebih mudah berbicara.Bagi anak-anak yang baru bisa berjalan, permainan yang satu ini memotivasi ia untuk bergerak lebih aktif.sebab,tidak jarang anak-anak suka sekali mengejar gelembung sabun yang melayang.Gelembung sabun bisa di dapatkan dengan mudah di rumah menggunakan air dan sabun.Nah, untuk menciptakan gelembung,di butuhkan kesabaran dan kehati-hatian ketika meniup nya.

2.Bermain dengan sendok salah satu cara melatih motorik anak dengan sendok adalah mengajarkan dan ia makan sendiri. Anda dapat mengajarkan anak menggunakan sendok sendok dan garpu sejak dini.Dengan demikian anak mencari tahu sendiri bagaimana cara menggenggam dan mengarahkan alat makan dengan benar.Untuk anak makan sendiri,Anda bisa meluangkan waktu untuk menemaninya makan dalam suasana yang menyenangkan. Biarkan ia menikmati makanannya tanpa di paksa. Selain itu, ketika makan sendiri, biasanya anak tampak kotor akibat makan dengan berantakan. Namun, jangan bersihkan mulut atau tangannya terlalu sering. Biarkan saja anak menyelesaikan makanya terlebih dahulu,baru di bersihkan.

3.Menggambar dan mewarnai permainan yang satu ini sangat di sukai oleh anak-anak. Bahkan tanpa di suruh anak pasti pernah menggambar dan mewarnai di berbagai tempat yang ia sukai contohnya di tembok rumah.menggambar dan mewarnai Tidak hanya dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak, namun juga melatih anak untuk bisa memegang pensil dengan benar. Goresan tangan anak ketika memegang krayon membutuhkan koordinasi mata dengan otot halus tangannya.

4.Bermain karet gelang dan Lompat Tali karet gelang dapat anda susun hingga menyerupai tali,yang nantinya bisa di gunakan oleh anak untuk melompat. Permainan lompat tali ini dapat meningkatkan keseimbangan anak dan juga membuat otot-ototnya menjadi lebih kuat. Selain untuk lompat tali, karet gelang juga bisa digunakan untuk bermain yoyo Dan membuat simpul ajaib berbentuk binatang. Semakin mirip bentuk simpulnya maka semakin rumit proses pembuatan nya. Nah, permainan seperti ini bisa membantu meningkatkan imajinasi anak agar mau membuat simpul dengan berbagai bentuk.

Dok.pribadi, @sugiartigiarti

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image