Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Media Cirebon

Mengetahui 5 Jenis Baterai Motor Listrik

Motor | 2023-06-01 13:00:19

Sepeda motor listrik merupakan hal baru bagi masyarakat indonesia dan banyak yang belum mengetahui apa saja yang disematkan di dalamnya. Munculnya berbagai produsen sepeda motor listrik mengikuti kebijakan pemerintah untuk membangun lingkungan yang lebih bersih dalam merespon perubahan iklim.

Uniknya, motor tersebut merupakan perubahan dari yang semula menggunakan bahan bakar modifikasi menjadi bisa untuk tempat baterai dan motor penggerak. Namun, tidak sembarang bengkel bisa melakukan perubahan ekstrim ini, satu langkah yang salah bisa menimbulkan masalah besar di kemudian hari. Seperti penempatan baterai yang tepat untuk penggunaan jangka panjang. Berikut adalah jenis baterai motor listrik yang perlu anda ketahui.

5 Jenis Baterai Motor Listrik

1. Lithium Ion

Ini adalah jenis baterai yang sangat umum ditemukan di pasaran dan pemasangannya juga sangat mudah. Memiliki kapasitas yang lebih besar, baterai lithium ion tidak memiliki bobot yang berat sehingga tetap membuat motor listrik dapat menghasilkan tenaga yang besar. Baterai jenis ini juga bisa bertahan lama hanya dalam sekali charge.

Berkapasitas 60 V 45 A (2,7kwh), dibutuhkan empat jam pengisian dari nol hingga 100 persen. Baterai ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 70 kilometer hanya dalam satu kali pengisian penuh. Baterai lithium ion adalah varian yang paling mahal, tetapi sangat cocok untuk penggunaan jarak jauh, membawa beban berat, dan memiliki umur yang cukup panjang. Hal ini pula yang membuat harga motor listrik cukup tinggi.

2. Lead Acid

Aki jenis ini paling murah di antara aki lainnya karena memiliki bentuk yang lebih kecil mirip dengan aki sepeda motor. Namun bobotnya cukup berat sehingga bisa membebani daya tarik motor. Baterai Lead Acid memiliki berat tiga kali lebih berat dari lithium ion. Sebagai perbandingan, baterai ALVA ONE memiliki berat 18 kilogram dengan kapasitas 60 V.

3. Nikel Kadmiuum

Baterai nikel kadmium adalah yang paling kuat dari semuanya dan dapat digunakan untuk waktu yang lama jika dibandingkan dengan lithium ion dan asam timbal. Kapasitas baterai juga memiliki keterbatasan, dan ini membuat produsen sepeda motor listrik dilema untuk menempatkan mereka di kendaraan produksi mereka.

Nikel Kadmiuum juga memiliki kekurangan, yaitu daya baterai dapat berkurang dengan sendirinya hingga 70 persen dalam waktu 24 jam meskipun motor tidak digunakan. Itu karena kepadatan rendah baterai nikel kadmium. Selain itu kandungan dalam baterai nikel kadmium juga sangat berbahaya bagi lingkungan sehingga limbahnya tidak dapat diolah secara sembarangan.

4. Lithium Polymer

Baterai yang terbuat dari senyawa polimer bersifat fleksibel. Umumnya dikenal sebagai Li-Po, memiliki ketahanan yang lebih baik daripada ion lithium, terutama pada suhu panas. Namun, baterai lithium polymer masih cukup mahal sehingga masih sangat sulit untuk menemukan kendaraan listrik yang menggunakan baterai jenis ini.

5. Baterai Nikel Metal

Baterai ini menggunakan bahan hidrogen untuk menyimpan energi dan nikel serta logam lain untuk mempertahankan ion hidrogen. Baterai jenis ini memiliki keunggulan dibandingkan lithium ion, yaitu lebih tahan lama. Namun, harga baterai logam nikel sangat tinggi dan tingkat self-discharge juga cukup tinggi yang dapat menghasilkan suhu panas yang berlebihan.

Cara Memperpanjang Umur Baterai Motor Listrik

Ketahui Kapasitas Baterai Motor Listrik Anda

Kapasitas baterai ini biasanya selalu tertera di buku petunjuk atau manual yang terpasang pada motor listrik Anda. Dengan mengetahui kapasitas dalam baterai, Anda dapat memperkirakan seberapa jauh motor listrik dapat berjalan dengan daya yang ada di baterai. Jadi anda juga bisa memperkirakan kapan harus mengisinya agar baterai tidak sering drop dan justru memperpendek umur baterai.

Gunakan Pengisi Daya Asli Atau Yang Dari Pabrikan Sepeda Motor

Penggunaan charger original atau bawaan dari pabrikan sebenarnya sangat mendasar, namun seringkali diabaikan karena dianggap tidak berdampak 'parah'. Charger aftermarket ini memang lebih murah dibandingkan charger original dari pabrikan sepeda motor, sehingga pengguna merasa bisa menghemat budget dengan tetap mendapatkan fungsi yang sama.

Pastikan Baterai Motor Listrik Selalu Terisi

Kunci memperpanjang masa pakai baterai motor listrik umumnya menggunakan lithium-ion yaitu dengan memastikan baterai terisi dayanya. Daya baterai lithium-ion akan awet ketika daya pada baterai selalu terisi tak kosong. Sehingga memastikan untuk memastikan daya pada baterai terus terisi.

Demikian ulasan tentang Mengetahui Jenis Baterai Motor Listrik seperti yang dilansir Bp77 Login, semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image