Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Apakah Mahasiswa Berperan Penting dalam Menjaga Moral Generasi Penerus Bangsa?

Info Terkini | Wednesday, 31 May 2023, 22:08 WIB
Sumber : https://www.merdeka.com/trending/5-peran-dan-fungsi-mahasiswa-dalam-masyarakat-generasi-penerus-di-masa-depan-kln.html

Negara Indonesia terkenal dengan bangsa yang memiliki tekad dan keberanian yang kuat. Para pemuda saat memperjuangkan kemerdekaan hingga mencapai kemerdekaan sangat memegang teguh nilai-nilai dan moral bangsa.

Saat ini, Indonesia sedang mengalami krisis moral yang disebabkan oleh kurangnya edukasi dan masuknya budaya luar yang kurang sesuai dengan moral bangsa Indonesia. Munculnya isu kenakalan remaja seperti mengonsumsi narkoba, pergaulan bebas, tawuran antar pelajar, dan hilangnya rasa cinta tanah air menyebabkan lunturnya budaya asli

Indonesia.

Mahasiswa merupakan seseorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Mahasiswa memiliki peran penting dalam mempertahankan moral bangsa.

Para mahasiswa diharapkan memiliki kesadaran atas lima peran, yaitu agent of change, guardian of value, moral force, social control dan iron stock. Berikut merupakan contoh implementasi dari kelima nilai tersebut.

1. Iron stock, Mahasiwa baru diharapkan menjadi orang yang tangguh, beretika dan memiliki kemampuan untuk menjadi penerus generasi sebelumnya. Mahasiswa diharapkan memiliki kemmapuan dan akhlak yang mulia.

2. Agent of change, Mahasiswa sebagai agent of change harus tanggap sebagai garda terdepan dalam menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungannya. Untuk itu peran ini selalu ditanamkan kepada mahasiswa. Harapannya mahasiswa dapat menggunakan kesempatan belajar di jenjang pendidikan tinggi untuk memperjuangkan kepentingan bersama.

3. Social control, Mahasiswa menjadi panutan dalam masyarakat berlandaskan dengan pengetahuan yang dimiliki dan dapat mengontrol apa yang terjadi di sekitar. Mahasiswa perlu berpikir kritis sehingga bisa melihat sesuatu secara lebih mendalam dan lebih peka dengan apa yang sedang terjadi di sekitar. Mahasiswa diharapkan menjadi teladan yang kehadirannya mampu memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya.

4. Moral force, Mahasiswa diharapkan menjadi teladan yang kehadirannya mampu

memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya, mahasiswa juga sebagai pembentuk serta penguat moral bangsa di tengah era global yang sangat mudah dimasuki nilai-nilai luar, implementasi yang dapat dilakukan contohnya bersikap sopan dan memberikan contoh yang baik ditengah masyarakat.

5. Guardian of value, Mahasiswa diharapkan untuk bisa berpikir secara ilmiah dan mencari kebenaran atau fakta. Selain itu, mahasiswa juga berperan sebagai penjaga nilai di masyarakat untuk mengawasi dan menyuarakan pendapat jika ada penerapan nilai yang tidak sesuai.

Peran-peran terebut diharapkan untuk diterapkan dan tidak mehilangkan budaya asli Indonesia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image