Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aqilah Putri

8 Rekomendasi Menu Danusan Untuk Mahasiswa

Bisnis | Tuesday, 30 May 2023, 19:18 WIB

Bagi mahasiswa yang sering mengikuti organisasi pasti tidak asing lagi dengan yang namanya danusan. Danusan ini merupakan kegiatan mahasiswa yaitu berupa dana usaha yang akan dikumpulkan oleh anggota kepanitiaan terutama pada divisi pendanaan untuk mencukupi biaya yang diperlukan yang digunakan untuk menjalankan program kerja dalam organisasi. Kegiatan ini merupakan salah satu jalan ninja anak organi dalam mencukupi dana yang dibutuhkan, dikarenakan apabila hanya mengandalkan dana yang turun dari fakultas tentu tidak akan cukup. Kegiatan ini juga sangat membantu meringankan biaya iuran yang biasanya dibebankan pada panitia.

Dalam divisi pendanaan yang bertanggung jawab melakukan danusan haruslah memeiliki ide yang kreatif dan inovatif sehingga dapat memunculkan ide usaha yang memiliki banyak peluang yang menjanjikan, baik berupa produk maupun jasa. Sebagai contoh dari pengalamanku bergabung pada kepanitiaan danusan selama ini, biasanya kita akan melakukan jualan makanan yang akan ditawarkan kepada teman kuliah maupun pada dosen dan apabila kuliah libur nantinya akan diganti dengan paid promote.

Selain memiliki ide usaha yang kreatif mahasiswa yang melakukan danusan juga dituntut untuk memiliki strategi penjualan yang bagus. Banyak strategi yang harus dilakukan agar makanan yang dijual dapat habis terjual. Biasanya para mahasiswa melakukan jualan dengan berkeliling sekitar kampus, berjualan dikelas saat tidak ada dosen, membujuk teman dan kating untuk membeli, berjualan saat rapat organisasi, dan juga tidak lupa untuk memilih menu yang menarik dan tentunya cocok untuk kantong mahasiswa. Berikut ini rekomendasi menu danusan yang menarik dan banyak dibeli oleh mahasiswa

1. Risol mayo

Makanan satu ini sangatlah populer dikalangan anak muda zaman sekarang terutama para mahasiswa. Makanan ini sempat menjadi trending pada platform tiktok di beberapa waktu lalu. risol mayo juga banyak dijadikan menu danusan mahasiswa karena memiliki rasa yang enak dan harga yang cukup terjangkau.

Risol mayonnais atau biasa kita sebut dengan risol mayo ini merupakan sebuah jajanan tradisional berupa gulungan yang di dalamnya memiliki banyak isian seperti telur, smoked beef, dan sayur-sayuran yang dipadukan dengan myonnais kemudian disajikan dengan digoreng dan dimakan bersama saus sambal maupun cabai rawit.

2. Bomboloni

Rekomendasi makanan kedua yaitu bomboloni. Bomboloni adalah makanan sejenis donat yang tidak mempunyai lubang yang didalamnya diisi dengan filling seperti coklat leleh, krim keju, selai strawberry, selai tiramisu, dan banyak lainnya.

Meskipun terlihat sederhana makanan ini memiliki rasa yang spesial. Bomboloni memiliki tekstur yang lembut dan ditambah dengan isian yang unik sehingga banyak disukai oleh anak muda dan cocok untuk dijadikan salah satu menu danusan karena juga memiliki harga yang terjangkau.

3. Tahu baso

Rekomendasi menu selanjutnya yaitu tahu baso. Makanan yang berasal dari kota semarang ini sangatlah populer dikalangan masyrakat karena memiliki rasa yang gurih dan lezat. Tahu baso merupakan makanan khas semarang berupa tahu yang didalamnya diberikan isian seperti adonan baso yaitu campuran tepung dan gilingan daging sapi ataupun ayam. Biasanya makanan ini disajikan dengan dikukus atau bisa juga dengan digoreng. Harga yang relatif murah sangatlah cocok untuk dijadikan menu dalam danusan. Makanan ini biasanya dijual dengan kisaran harga Rp. 500 sampai dengan Rp. 5000, tergantung dengan ukuran dan isiannya.

4. Pisang aroma

Cemilah yang berasal dari pisang dan kulit lumpia ini juga banyak disukai masyarakat terutama anak muda dan tentunya cocok sekali untuk masuk menu danusan. Perpaduan tekstur yang crunchy dari kulit dan lembut dari pisang ditambah rasa manis dari aneka topping yang dipakai membuat makanan ini banyak disukai. Biasanya cemilan ini dijual dengan harga Rp. 1000 per biji.

5. Basreng

Nah untuk menu selanjutnya ini juga sangat cocok untuk dimasukkan list menu danusan. Dikarenakan cemilan satu ini bisa bertahan lebih lama dari menu sebelumnya. Cemilah ini dibuat dari campuran daging dan tepung kemudian dimasak menjadi bakso dan digoreng, setelah digoreng biasanya cemilan satu ini ditambah dengan bumbu tabur yang memiliki rasa asin dan pedas. Biasanya anak yang bertanggung jawab dalam danusan membeli camilan ini dalam ukuran besar dari pedagang, kemudian dibagi lagi kedalam beberapa wadah kecil dan dijual seharga Rp. 5000.

6. Keripik usus

Cemilan yang satu ini juga sama seperti basreng, keripik usus ini juga memiliki umur simpan yang lumayan lama sehingga panitia danusan tidak khawatir apabila tidak terjuan dalam waktu sehari. Keripik ini merupakan cemilan yang terbuat dari usus yang dikeringkan kemudian dicampurkan dengan tepung yang sudah dicampur dengan bumbu lalu digoreng.

7. Sosis solo

Makanan yang satu ini juga hampir mirip dengan risol. Sosis solo merupakan makanan yang berasal dari daerah Solo, gulungan yang dibuat dari tepung ini biasanya diisi dengan menggunakan daging giling ataupun ayam giling yang sudah diberi bumbu lalu digoreng. Cemilan yang satu ini memiliki rasa yang gurih manis dan tekstur yang lembut, biasanya dimakan dengan cocolan saus maupun cabai rawit. Cemilan satu ini juga memiliki harga yang cukup terjangakau yaitu sekitar Rp. 5000 sehingga sangat cocok untuk dimasukkan kedalam list menu danusan kalian.

8. Pudot

Setelah beberapa rekomendasi cemilan yang lezat dan memiliki harga yang terjangkau, nah sekarang aku rekomendasikan dessert yang memiliki rasa manis dan juga memiliki tekstur yang sangat lembut. Pudot atau puding sedot ini merupakan puding yang dimsukkan kedalam botol sehingga untuk cara minumnya tinggal disedot saja menggunakan sdotan. Biasanya pudot ini memiliki banyak varian rasa seperti strawberry, coklat, vanilla, dan banyak lagi. Dessert satu wajib untuk dimasukkan kedalam list menu danusan kalian, dikarenakan banyak anak muda zaman sekrang yang menyukainya.

Nah itu dia rekomendasi menu danusan dari aku yang wajib untuk kalian coba. karena apabila dilihat dari pengalamanku selama ini menu diatas sangatlah disukai oleh mahasiswa dikampus dan selalu habis terjual. Mengikuti kegiatan danusan ini sangatlah berkesan banget bagi mahasiswa. Dari pengalamanku pribadi banyak hal-hal menyenangkan maupun menyedihkan yang aku dapat. Tidak hanya itu saja, dengan bergabung danusan kita juga dapat belajar mengenai berwirausaha.

Masa kuliah sangatlah tidak lengkap apabila kalian belum mencoba ikut serta dalam kepanitiaan suatu organisasi. Karena didalamnya kalian akan mendapat banyak sekali pengalam berharga dan juga banyak mendapat teman-teman baru. Tidak hanya itu saja, kalian juga akan mendapat pengetahuan tentang berorganisasi yang baik seperti saling bertukar pendapat dan bermusyawarah untuk memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi. Dengan ikut organisasi kalian juga dapat mengasah soft skill yang nantinya akan sangat bermanfaat saat kita memasuki dunia pekerjaan. Semangat untuk kalian yang sedang bergabung dalam suatu organisasi terutama di divisi pendanaan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image