Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image salsabila naqiyyah hilmi

Munculnya Fenomena Childfree di Indonesia dan Dampaknya

Gaya Hidup | Tuesday, 30 May 2023, 16:26 WIB

Akhir-akhir ini banyak muncul kata-kata Childfree dalam platform media sosial. Tentunya istilah ini membuat banyak masyarakat Indonesia yang penasaran mengenai apa itu Childfree. Nah untuk itu pengertian childfree ini adalah suatu keputusan atau pilihan dimana ada salah satu pasangan yang memutuskan untuk tidak memiliki anak dalam hubungan pernikahannya. Maksudnya adalah mereka hanya ingin menjalin hubungan berdua saja tanpa hadirnya seorang anak dalam kehidupan pernikahannya. Statement ini tentunya banyak mengundang pro kontra di kalangan masyarakat Indonesia.

Beberapa ada yang setuju karena tubuh wanita adalah haknya mereka sendiri. Jadi memutuskan untuk memiliki anak atau tidak adalah keputusan dari pihak wanitanya sendiri. Namun disisi lain banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak setuju dengan fenomena Childfree ini. Karena kodrat seorang wanita adalah menstruasi, hamil dan melahirkan. Jika ada fenomena Chidfree maka tentunya dianggap telah melanggar kodrat sebagai seorang wanita. Karena dalam hamil dan melahirkan hanya bisa dilakukan oleh wanita bukan oleh laki laki.

Intinya jika ada seseorang atau salah satu pasangan yang memutuskan untuk memilih Childfree. Maka kita tidak boleh menghakiminya. Karena itu adalah sebuah keputusan dalam kehidupan yang sudah mereka pilih. Dan setiap keputusan tentunya dapat memberikan dampak yang positif maupun negatif. Berikut adalah dampak positif dan negatif ketika seseorang atau salah satu pasangan memutuskan untuk memilih Childfree dalam kehidupan pernikahannya.

Yang pertama dalam segi dampak positif memutuskan untuk memilih Childfree :

1. Menghilangkan statement anak yang tidak mau lahir di dunia karena mendapat perlakuan yang buruk dari orang tua yang tentunya membuat anak jadi trauma.

2. Tidak merasa terbebani tanggung jawab karena harus membesarkan seorang anak

3. Tidak menyalurkan gen penyakit yang sebelumnya di derita oleh pihak orang tua

Selanjutnya, yang kedua mengenai dampak negatif memutuskan untuk memilih Childfree :

1. Merasa kesepian karena tidak ada hadirnya seorang anak dalam kehidupan pernikahannya.

2. Menyebabkan munculnya penyakit dalam sistem reproduksi karena terlalu sering mengkonsumsi pil kontrasepsi dalam waktu yang terbilang sangat sering atau bahkan dikonsumsi dalam jangka panjang.

3. Tidak ada dukungan finansial ketika orang tua sudah menginjak usia lansia nantinya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image