Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Manfaat Tidur Cukup Bagi Mahasiswa

Gaya Hidup | Tuesday, 30 May 2023, 14:10 WIB

Mahasiswa kerap kali kurang memerhatikan kualitas tidurnya, bahkan beberapa menyepelekan hal penting satu ini. Tidur bukan hanya hal sepele karena terkesan seperti pemalas jika tidur lama, melainkan tidur yang berkualitas dan cukup sangat dibutuhkan oleh semua orang, tak terkecuali mahasiswa. Perlu ditekankan bahwa yang dibutuhkan dan sangat penting untuk kesehatan serta kebugaran adalah kualitas tidur bukan kuantitasnya. Adapun perbedaan antara dua hal itu, yakni kuantitas tidur merupakan lamanya waktu tidur seseorang, sedangkan kualitas tidur merupakan seberapa baik tidur itu membawa manfaat bagi seseorang dan membuat orang tersebut bugar ketika bangun.

Menurut riset yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan, setidaknya seseorang dalam rentang usia 18-40 tahun, di mana mahasiswa termasuk dalam rentang usia tersebut, membutuhkan waktu tidur yang cukup selama tujuh hingga delapan jam. Hal ini diperlukan untuk me-refresh otak setelah seharian digunakan untuk berpikir serta mengistirahatkan tubuh setelah seharian melakukan aktivitas. Adapun banyak manfaat dari tidur yang berkualitas ini, di antaranya :

1. Menjaga kesehatan mental

Mahasiswa merupakan fase peralihan dari remaja sekolah menjadi pribadi yang lebih dewasa. Pada fase ini, mahasiswa sedang dihadapkan pada tantangan hidup baru dan lebih kompleks, seperti masalah pendidikan, pertemanan, hingga masalah pada dirinya sendiri. Masalah-masalah tersebut jika tidak diatasi dengan baik akan menimbulkan kesehatan mental yang buruk bagi mahasiswa. Padahal, seharusnya mahasiswa dapat memelihara kesehatan mentalnya dengan baik karena fase ini merupakan fase emas untuk mengembangkan potensi diri untuk masa depannya. Salah satu cara menjaga kesehatan mental adalah dengan menerapkan tidur yang cukup dan berkualitas. Alangkah baiknya ketika malam hari mahasiswa tidak perlu kebanyakan memikirkan hal yang berlebihan dan belum pasti terjadi atau biasa dikenal dengan overthingking. Ketika overthingking mulai menyerang, sebaiknya tidur saja untuk mendinginkan pikiran dan me-refresh otak, serta menjaga kualitas tidur yang baik

2. Mengurangi stress

Poin ini berhubungan erat dengan poin sebelumnya, di mana dengan kesehatan mental yang baik maka potensi stress seseorang akan berkurang drastis. Dengan menerapkan tidur yang cukup, mahasiswa dapat berpikir lebih jernih sehingga tidak menimbulkan stress pada dirinya.

3. Menjaga kesehatan fisik

Dalam menjalani hari-harinya, mahasiswa merupakan seorang yang dapat dibilang sibuk. Mahasiswa seringkali memiliki kegiatan yang banyak dan beragam, mulai dari kegiatan perkuliahan, kepanitiaan, organisasi, dan masih banyak lagi. Tentu untuk dapat melakukan berbagai kegiatan itu dengan optimal maka mahasiswa harus memiliki kesehatan fisik yang baik. Adapun selain melakukan olahraga, mahasiswa dapat menerapkan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan fisiknya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image