Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Dampak Negatif Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Edukasi | Tuesday, 30 May 2023, 13:23 WIB

Minuman beralkohol dapat memberikan kenikmatan dalam batas wajar, tetapi menyalahgunakan alkohol dapat memberikan dampak yang sangat berbahaya.

Artikel by Muh Farrel Ardan

Penting untuk disadari alkohol memiliki dampak negatif yang serius bagi tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu diharapkan melalui tulisan ini pembaca mengetahui bahaya mengonsumsi minuman beralkohol dengan jumlah yang banyak dan pentingnya untuk tidak menyalahgunakan alkohol.

1. Bahaya Alkohol pada Tubuh

A. Malfungsi hati, dampak pada hati yang dirusak akibat pengonsumsian alkohol adalah siriosis hati, hepatitis alkoholik, dan hati menjadi berlemak.

B. Pengonsumsian alkohol secara berlebihan akan berdampak pada imun tubuh, hal tersebut mampu menyebabkan tubuh mengalami kekurangan atau bahkan kehilangan toleransi terhadap penyakit dari luar.

c. Alkohol juga mampu menyebabkan kerusakan pada saraf yang salah satunya adalah saraf neuropati dengan efek samping diantaranya adalah kesemutan, gangguan kordinasi dan kelemahan.

D. Salah satu yang paling mematikan adalah bahaya alkohol bagi jantung sebab dapat menyebabkan gagal jantung, tekanan darah tinggi, dan aritmia.

2. Alkohol berpengaruh Pada Mental dan Emosional

Masalah mental adalah hal yang sering kali dirasakan oleh orang orang tapi perlu diketahui bahwa alkohol juga dapat menyerang kesehatan mental dan memperburuk apabila konsumen alkohol sudah memiliki masalah mental, Adapun masalah mental yang ditimbulkan oleh alkohol adalah gangguan bipolar, depresi dan kecemasan berlebih, dan dari pengonsumsian alkohol juga dapat menyebabkan konsumen menjadi kecanduan dan berpotensi dalam menyalahgunakan zat lain seperti obat terlarang.

3. Alkohol berpengaruh terhadap Sosial dan Kehidupan

Alkohol mampu menyebabkan rusaknya hubungan baik itu pada keluarga, teman atau siapapun yang dicintai lalu melalui efek kecanduan yang ditimbulkan alkohol menyebabkan konsumen menginginkan alkohol dalam jumlah yang besar dan tentu akan merusak kondisi ekonomi konsumen disertai dengan ketidakmampuan dalam mengontrol konsumsi alkohol juga berdampak pada system koordinasi dan penilaian seseorang sehingga kerap kali terjadi kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi dibawah pengaruh alkohol.

Sebelum mengkonsumsi alkohol ketahuilah batas wajar dan dampaknya apabila disalahgunakan agar tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image