Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Muhammadiyah Bandung

Mahasiswa UM Bandung Jalani Tes Kebugaran, Ini Tujuan dan Manfaatnya

Gaya Hidup | Tuesday, 30 May 2023, 09:28 WIB
Dokumentasi Promosi dan PMB Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung).***

Bandung – Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) melalui tim kampus sehat bekerja sama dengan Badan Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Bandung mengadakan tes status kebugaran pada Senin (29/05/2023).

Kegiatan ini berlangsung di selasar lobi utama UM Bandung dan diikuti para mahasiswa dari berbagai program studi. Para mahasiswa menjalani berbagai tes kebugaran, seperti lari, sit up, dan sebagainya.

Ketua pelaksana kegiatan Apt Fauzia Ningrum Syaputri MFarm menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui status kebugaran para mahasiswa.

Menurut Fauzia, kebugaran jasmani mahasiswa sangat penting. Kondisi badan yang bugar akan membantu kegiatan sehari-hari dengan baik.

”Kebugaran jasmani para mahasiswa akan menentukan bagaimana tingkat produktivitas sehari-hari dengan lebih efektif dan efisien,” ucap Fauzia.

Ia juga menjelaskan bahwa UM Bandung menjadi bagian dari perguruan tinggi di Bandung yang melaksanakan kegiatan tes kebugaran.

”Alhamdulillah UM Bandung berkesempatan menjadi salah satu dari dua belas universitas di Bandung untuk melakukan tes status kebugaran,” terang Fauzia.

Aktivitas fisik

Sementara itu, Koordinator Pelayanan BKOM Bandung dr Riza Adriyani MOr mengatakan bahwa mahasiswa sangat jarang dalam melakukan aktivitas fisik.

”Oleh karena itu, dengan mengetahui tingkat kebugaran, kami akan memberikan rekomendasi program latihan fisik yang tepat untuk mahasiswa,” kata Riza.

Rekomendasi itu, tutur Riza, bertujuan agar para mahasiswa dapat meningkatkan kebugarannya masing-masing.

Ini penting dilakukan, ungkap Riza, karena kebugaran sangat berpengaruh kepada prestasi. ”Tingkat kebugaran ini nantinya akan berpengaruh langsung pada tingkat pencapaian prestasi bagi mahasiswa,” ucap Riza.

Cegah penyakit

Riza juga menjelaskan, selain meningkatkan fokus pikiran, meningkatkan kebugaran pada mahasiswa dapat menjauhkan diri dari berbagai penyakit tidak menular.

”Kita ketahui sekarang tren di usia muda itu berbagai penyakit yang tidak menular seperti hipertensi dan diabetes sangatlah tinggi,” ungkap Riza.

Jadi hal baru

Para mahasiswa menyambut antusias kegiatan ini. Salah satu peserta kegiatan tes status kebugaran, Rizky Maulana Amrullah, mengaku sangat senang.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi sesuatu hal yang baru bagi dirinya dan juga para mahasiswa. ”Adanya kegiatan yang baru ini menjadikan mahasiswa bisa mengetahui kondisi kebugaran dan kesehatan masing-masing,” kata Rizky.

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat mencakup seluruh sivitas UM Bandung agar lebih mengetahui kondisi kebugaran mereka. ”Semoga kegiatan ini dapat terus ada tiap tahunnya dan lebih baik lagi ke depannya,” tandas Rizky.***(CH/FK)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image