Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mahardika Miftahul Falah

Manfaatkan Hobi Jadi Peluang Usaha

Gaya Hidup | Monday, 29 May 2023, 04:15 WIB
Sumber: https://elements.envato.com/hobby-set-of-flat-design-infographics-elements-EDBAZM

Hobi merupakan suatu aktivitas yang digemari atau diminati di mana dilakukan dengan antusiasme dalam menjalankannya. Hobi biasanya dilakukan pada waktu luang tetapi, terkadang juga dilakukan di sela-sela padatnya jadwal. Kita sering merasa waktu seakan cepat berlalu saat sedang melakukan hobi kita karena didasari oleh perasaan senang. Hobi bisa menjadi media pengembangan diri, menjadi tempat pemasukan, menjadi tempat meluapkan emosi, atau hanya sekedar menjadi pelampiasan kegabutan kita. Kali ini, penulis akan membahas mengenai pemanfaatan hobi agar menjadi ladang cuan. Bagaimana caranya? Simak pembahasan beserta contohnya di bawah ini.

1. Mengetahui manfaat dari hobi dan apakah ada peluang daya jual dari hobi tersebut

Cara pertama yang kalian harus kalian lakukan yaitu, mengetahui manfaat dan daya jual dari hobi yang kalian lakukan. Bagaimana kita bisa mengetahui manfaat dari hobi kita? Yang pertama, kalian pahami seluk-beluk dari hobi tersebut. Kemudian, carilah dampak dari hobi tersebut. Contohnya, hobi saya memasak. Jika bahan A ditambah bahan C serta ditaburi bahan B, ternyata banyak yang menyukai masakan saya. Tetapi, jika saya hanya menambahkan bahan A saja banyak yang tidak minat pada masakan saya.

Dari contoh tersebut seluk-beluk yang kita dapatkan yaitu, bahan-bahan yang digunakan dalam memasak. Dari hal itu kita mendapatkan dampak positif maupun negatif sehingga dari sini kita dapat mengetahui manfaat dari hobi tersebut.

Kemudian, cari tahu apakah ada daya jual dari hobi yang kalian lakukan. Kalian dapat mengetahuinya dengan “Apakah ada orang yang membutuhkan dampak dari hobi kalian?” Jika iya, berarti kalian mendapatkan lampu hijau pada peluang daya jual hobi.

2. Mencari tahu pasar yang dapat kita masuki

Cara kedua yang harus kalian lakukan yaitu, survei atau mencari tahu pasar yang akan kalian terjuni. Sebagai pendatang baru hal ini harus kalian lakukan karena tidak semua pasar, dapat pendatang baru masuki dengan mudah. Atau bahkan, kalian bisa mendapatkannya dengan mudah karena suatu hal. Contohnya, hobi saya di bidang kuliner atau masakan. Di Tik Tok, penggunanya kurang tertarik dengan promosi kuliner. Sedangkan di Instagram, orang-orang sangat meminati promosi kuliner. Atau kuliner saya terkenal enak di daerah saya, sehingga menarik minat masyarakat sekitar.

Dari contoh di atas kita bisa tahu dimana pasar yang tepat untuk kita terjuni. Kemudian, ada juga faktor yang mempermudah kita mendapatkan pasar. Seperti contoh di atas jika kuliner kita terkenal enak maka secara otomatis akan mendapat pasar sendiri.

3. Persiapan mental dan tekad

Cara ketiga yaitu, persiapan mental, persiapan tekad, kemudian eksekusi. Kenapa kitaharus menyiapkan menta dan tekad? Karena kita pasti mengeluarkan beberapa uang dari saku kita untuk keperluan promosi, dsb (kecuali kalian memiliki orang dalam, dalam mepromosikan jasa atau produk kalian). Kalian harus memiliki tekad yang matang bahwa kalian akan bisa menjalankannya. Karena jika kalian berhenti di tengah jalan bisa saja modal yang dihabiskan lebih banyak daripada pendapatan yang masuk, kalian juga rugi tenaga serta pikiran untuk hal ini. Persiapan mental juga dibutuhkan dalam menghadapi konsumen. Terkadang kita bisa terdorong atau bahkan terjatuh saat menghadapi beberapa konsumen, sehingga kalian perlu menyiapkan mental serta belajar cara menghadapi konsumen secara baik dan benar.

4. Eksekusi

Setelah kalian menyiapkan tekad dan mental, lakukan eksekusi. Apa saja yang harus kita mulai saat eksekusi? Yang pertama, cek kesiapan dan kelayakan produk atau jasa serta tempat dimana kalian menjalankan usaha ini. Kalian perlu mempertimbangkan, apakah produk atau jasa serta tempat usaha kalian sudah siap dan layak untuk konsumen. Kemudian, lakukan promosi. Lakukan kreasi pada promosi kalian sehingga calon konsumen lebih tertarik pada promosi kalian. Kemudian, selalu lakukan evaluasi agar kedepannya usaha kalian lebih maju. Dan yang terakhir yaitu, selalu berdoa kepada Tuhan YME karena kita juga perlu rahmat-Nya agar kita bisa sukses. Selalu selaraskan apa yang kita lakukan dengan Pancasila

Selalu manfaatkan hobi kalian menjadi lebih bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Jauhi hobi kalian yang menyimpang dan selalu arahkan hobi kalian kepada kebaikan dengan dilandasi Pancasila, sebab akhir-akhir ini banyak yang mulai meninggalkan Pancasila sebagai dasar ideologi, sebagai dasar pedoman hidup, bahkan oleh para petinggi negara sekalipun Pancasila kerap ditinggalkan. Selalu iringi usaha kalian dengan doa agar berjalan dengan lancar. Jangan putus asa jika usaha kalian tidak berjalan dengan lancar, selalu evaluasi dan bangkit lagi.

Penulis: Mahardika Miftahul Falah

Fakultas Ilmu Budaya-Universitas Airlanga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image