Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Panji Waskito Mukti

Begadang Sebelum Ujian? Menambah atau Menurunkan Nilai?

Gaya Hidup | Sunday, 28 May 2023, 16:57 WIB
Sumber : https://www.freepik.com/free-photos-vectors/education

Sebagian besar dari kita pasti pernah merasa bahwa dirinya belum siap untuk menghadapi ujian pada esok hari. Hal itu bisa dikarenakan kita bermalas-malasan, materi yang diuji itu sulit, atau memang karena lelah. Karena itu, banyak dari kita memutuskan untuk begadang dengan tujuan untuk belajar. Sebenarnya, perilaku seperti itu tidak hanya berdampak buruk pada tubuh, namun juga pada kinerja otak kita.

Tidur memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh. Jika kita ingin bersemangat di esok hari, kita akan tidur agar tubuh terasa berenergi dan segar untuk melakukan aktivitas di esok hari. Secara ilmiah, kurangnya tidur dapat meningkatkan produksi protein yang beracun. Protein ini dinamakan “beta-amyloid” dan protein ini berkaitan dengan penyakit Alzheimer, yaitu penyakit yang dapat menyebabkan penurunan daya ingat dan menurunnya kemampuan berpikir. Protein beracun tersebut sebenarnya dibersihkan oleh otak kita ketika mendapatkan tidur yang cukup, yaitu selama 7 sampai 9 jam. Kurangnya tidur akan mengakibatkan pembersihan protein beracun di otak yang tidak sempurna sehingga apabila kita sering mendapatkan tidur yang kurang, protein beracun ini akan menumpuk terus-menerus hingga akhirnya resiko untuk terkena penyakit Demensia atau Alzheimer akan meningkat.

Inilah alasan mengapa ketika kita memperoleh waktu tidur yang dikit, kita akan mengalami kesulitan dalam mengingat hafalan kita. Selain itu juga, kurang tidur juga dapat berdampak pada sistem kardiovaskular kita, yaitu sistem yang berperan mengedarkan darah ke seluruh tubuh beserta oksigen dan gizi, yang dimana mekanisme ini melibatkan jantung, pembuluh darah, dan juga darah. Tidur dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Apabila kita kekurangan tidur, siklus sistem kardiovaskular ini akan terganggu yang mengakibatkan tekanan darah dapat meningkat sehingga mengakibatkan penyakit Stroke. Selain stroke, kurang tidur dapat membuat dada kita tidak nyaman atau bahkan sesak yang mengakibatkan tidak fokus saat mengerjakan ujian.

Oleh karena itu, begadang semalam sebelum ujian itu justru dapat menurunkan nilai ujian yang kita peroleh dibandingkan dengan orang yang mendapatkan tidur yang cukup. Untuk memperoleh nilai yang memuaskan, sebaiknya kita mempelajari materi ujian dari jauh hari, dan apabila esok hari akan melaksanakan ujian, sebaiknya kita tidur lebih awal dari biasanya, agar dapat bangun pagi dan mengulas kembali materi sebelum melaksanakan ujian. Dengan itu, kondisi tubuh kita akan terasa segar dan kekuatan daya ingat kita terjaga ataupun meningkat.

Article by : Panji Waskito Mukti

Mahasiswa S1 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image