Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rimbi Adellia

Pentingnya Kalibrasi pada Alat Ukur Radiasi

Edukasi | Sunday, 28 May 2023, 10:39 WIB

Alat ukur radiasi adalah alat yang digunakan untuk dapat mengetahui suatu besaran baik berupa luas, berat, percepatan, dan lainnya pada sesuatu. Dalam bidang radiologi, alat ukur juga diperlukan untuk membantu serangkaian pemeriksaan radiologi yang disebut dosimeter. Bapeten menjelaskan dosimeter atau alat ukur radiasi yaitu alat yang harus dimilki setiap pekerja radiasi dan digunakan sebagai pengukur paparan radiasi pengion. Dosimeter sendiri memiliki 2 jenis yakni dosimeter aktif dan pasif. Dimana dosimeter aktif merupakan dosimeter yang dapat dibaca secara langsung tanpa memerlukan alat bantu baca dan sebaliknya untuk dosimeter pasif. Baik dosimeter aktif dan pasif memiliki contohnya masing - masing seperti pendose, TLD, OSL, dan lainnya.

Karena dosimeter dirasa selalu dibutuhkan saat melakukan serangkaian proses radiografi maka pentingnya untuk menjaga agar alat tetap dalam keadaan baik, contohnya tepat waktu dalam pengkalibrasian alat. Kalibrasi sendiri adalah suatu proses verifikasi pada alat ukur untuk menyesuaikan akurasi dan rancangannya yang biasa dibandingkan secara nasional ataupun internasional dan bahan - bahan acuan tersertifikasi. Pentingnya kalibrasi ini sudah tertuang dalam Perka Bapeten Nomor 1 Tahun 2006 tepatnya pada pasal 3 disebutkan “kewajiban para pengguna untuk melaksanakan kalibrasi alat ukur radiasi dan keluaran sumber radiasi terapi, evaluasi peralatan pemantauan dosis perorangan dan standarisasi radionuklida.”

Melihat pentingnya melakukan kalibrasi apa saja manfaat mengkalibrasi dosimeter?

Meminimalisir terjadinya kecelakaan 

Pemantauan radiasi dari luar terhadap pekerja dimaksudkan agar dosis akumulasi yang diterima dapat terkontrol, sehingga apabila akumulasi paparan radiasi tidak sesuai maka pekerja dapat langsung bertindak dalam keadaan gawat darurat.

Menjamin keakuratan pengukuran 

Dosimeter yang tidak terkalibrasi dengan baik dapat menghasilkan kesalahan pengukuran yang signifikan. Pengukuran radiasi yang akurat diperlukan dalam berbagai bidang seperti industri nuklir, kedokteran nuklir, penelitian, dan lainnya.

Meningkatkan keamanan pengguna

Perlu dilakukannya kalibrasi secara rutin agar pekerja radiasi tahu batasan aman mereka terkena paparan radiasi, Sehingga, jika kalibrasi tidak dilakukan dipastikan resiko yang diambil akan lebih besar dan tidak mematuhi pasal dalam peraturan yang sah.

Pemeliharaan alat ukur yang efektif

Dengan selalu mengecek tanggal kalibrasi dan rutin melakukan kalibrasi ulang maka secara tidak langsung kita dapat mengetahui alat tersebut masih layak pakai atau sudah mulai mengalami kerusakan.

Kepatuhan dengan peraturan dan standar 

Kesadaran akan bahaya radiasi harusnya cukup menyadarkan pekerja radiasi untuk selalu mengecek tanggal kalibrasi sebelum digunakan. Proses pengkalibrasian tidak bisa dianggap sepele, mereka harus memastikan bahwa jalannya kalibrasi dosimeter tersebut berjalan sesuai pedoman yang berlaku.

Mahasiswi Teknologi Radiologi Pencitraan, Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image