Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas FT-UMJ

UMJ Raih Pendanaan Hibah Kemendikbudristek dalam Program Pengabdian Masyarakat

Eduaksi | Friday, 24 Dec 2021, 19:59 WIB
Kegiatan pelatihan implementasi utilitas air dan pelatihan pemasaran produk olahan rumput laut di Desa Pantai Harapan Jaya, Muaragembong, Kabupaten Bekasi yang dilakukan Tim UMJ mulai 13 Desember 2021. (Dok UMJ)

Jakarta – Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang di ketuai oleh Ibu Tri Yuni Hendrawati membuat Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil meloloskan 4 proposal dalam Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2021 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi (Ditjen Kemendikbutristek). Proposal yang berhasil lolos adalah satu proposal penelitian, dan tiga proposal Pengabdian masyarakat.

Salah satu proposal pengabdian masyarakat yang berhasil lolos didanai mengusung tema produktivitas rumah hidroponik melalui pelatihan implementasi utilitas air dan pelatihan pemasaran produk olahan rumput laut. Kegiatan ini dilakukan di desa pantai harapan jaya – muara gembong, Bekasi yang dilakukan pada 13 Desember 2021 sampai 31 Desember 2021.

Tim yang dibentuk akan diketuai oleh Ibu Ummul Habibah Hasyim dengan menerapkan 3 bidang keilmuan dan 4 disiplin ilmu yang beranggotakan 7 Dosen, 21 mahasiswa dan 5 tenaga pendidik yang berasal dari 3 Fakultas yang ada di UMJ, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah dilaksanakan jangka panjang, harapan kami tentu kegiatan yang sudah berjalan ini dan berhasil agar membawa dampak nyata bagi masyrakat. selain itu perlu sinergisitas lebih besar dari khususnya civitas akademika UMJ untuk mengaplikasikan hasil penelitiannya pada desa binaan.” kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta, Ummul Habibah Hasyim di Jakarta, 20 Desember 2021.

Pemilihan desa pantai harapan jaya sebagai lokasi pengabdian kepada masyarakat, karena 90% penduduk desa bekerja sebagai pembudidaya rumput laut dan letak desa yang dekat dengan pantai membuat masyarakat kesulitan dalam menyediakan air tawar untuk budidaya tanaman hidroponik. Potensi inilah yang menjadi alasan tim untuk membuat kegiatan yang dapat meningkatkan nilai jual rumput laut dan pelatihan implementasi utilitas air.

Masyarakat desa pantai harapan jaya muara gembong yang menjadi mitra utama berada pada dusun satu. Dimana lokasi mitra berada pada bibir sungai pantai harapan jaya. Masyarakat pada dusun 1 ini masih jarang tersentuh oleh pembinaan yang dapat mendorong peningkatan keterampilan. Sehingga dengan kemitraan yang dibangun oleh lintas prodi dari UMJ seperti Teknik Kimia, Teknik Industri, Agroteknologi dan Manajemen akutansi menjadi angin segar bagi masyarakat yang diharapkan mendapat manfaat dari kegiatan-kegiatan pendampingan dalam pengabdian masyarkat yang diberikan.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat memberikan penguatan pada rumah hidroponik yang telah dikembangkan, dengan pengolahan air yang dapat disesuaikan bagi tanaman hidroponik dan dapat meningkatkan keterampilan masyarakat dalam manajemen dan Teknik pemasaran produk rumput laut.

Kata Kunci : Desa pantai harapan jaya, Kemenristekdikbud, LPPM, Pengabdian masyarakat, Universitas Muhammadiyah Jakarta,

Baca Juga : UMJ Raih Pendanaan Hibah Kemendikbudristek dalam Program Pengabdian Masyarakat

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image