Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Komponen yang Mempengaruhi Kesejahteraan Kesehatan Mahasiswa

Eduaksi | Friday, 26 May 2023, 18:53 WIB

Komponen yang Mempengaruhi Kesejahteraan Kesehatan Mahasiswa

Gambar. Dokumentasi pribadi

Pada dunia pendidikan, keseharian dalam masa perkuliahan memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan fisik maupun psikis pada kalangan mahasiswa. Pada nyatanya mahasiswa seringkali memiliki jadwal yang menyita banyak waktu, tuntutan pembelajaran akademik yang sering menguras tenaga, dan tekanan sosial di lingkungannya sehingga berdampak negatif pada kesehatan mereka. Maka dari itu, berikut penjelasan lengkap mengenai faktor yang mempengaruhi kesehatan mahasiswa saat menempuh pendidikan.

1. Tingkat Stres yang berdampak pada Kesehatan Mental

Mahasiswa sering menghadapi tekanan akademik yang luar biasa, seperti jadwal yang padat, tugas yang menumpuk, ujian yang datang di setiap pertengahan dan akhir semester, dan ditambah pula dengan quiz perkuliahan yang seringkali datang mendadak. Hal ini dapat menjadi alasan utama mahasiswa mengalami stres sehingga dapat berpengaruh pada kesehatan mental mereka. Keadaan seperti rasa cemas, depresi terhadap aktivitas yang berulang, dan gangguan tidur yang cukup, semua itu umum dialami mahasiswa. Oleh karena itu, instansi pendidikan yang menaungi mahasiswa perlu meningkatkan layanan dukungan kesehatan mental baik melalui pelatihan maupun pembelajaran.

2. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Mahasiswa seringkali dihadapkan pada rutinitas kuliah dan beban tugas yang semakin berat pada setiap tingkatan semesternya menjadikan mereka menjalankan pola hidup yang tidak sehat, pola makan yang buruk, kurangnya olahraga, dan tidak memiliki kualitas tidur yang baik, serta diperparah dengan pengkonsumsian kafein yang berlebihan, hal tersebut menjadi sorotan umum di kalangan mahasiswa. kebiasaan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik. Oleh karena itu, penting bagi bagi mahasiswa untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik mengenai pentingnya gaya hidup sehat dan menyediakan fasilitas olahraga serta opsi makanan sehat di kampus.

3. Keterbatasan Akses ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes)

Banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengakses perawatan kesehatan yang memadai terlebih lagi bagi mahasiswa rantau. Beberapa mahasiswa mungkin tidak memiliki asuransi kesehatan atau akses yang mudah ke fasilitas medis, Hal ini dapat menjadi kendala bagi mahasiswa yang sedang membutuhkan perawatan medis atau hanya sekedar memeriksakan kesehatannya secara berkala.

4. Pentingnya Kesadaran dan Pengetahuan Menjaga Kesehatan

Diantara padatnya kegiatan mahasiswa dalam menjalani perkuliahan seringkali mahasiswa kurang memprioritaskan kesehatannya maka sangat diperlukkan teruntuk mahasiswa agar dapat meningkatkan kesadaran perihal pentingnya kesehatan baik fisik maupun psikis mereka sehingga mahasiswa harus mengetahui secara menyeluruh perihal kesehatan guna kesejahteraan di masa perkuliahan.

-------

Arikel ini ditulis oleh Intan Nuraini mahasiswa Universitas Airlangga

24 Mei 2023

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image