Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Desika Wulandari

Tertarik dengan Jurusan Administrasi Publik? Simak Berikut Penjelasannya!

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 25 May 2023, 20:16 WIB
Sumber: https://pinhome-blog-assets-public.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com/2022/09/Pengertian-Administrasi-Publik.jpg

Apa aja sih yang dipelajari di jurusan ini?

Jurusan ini sangat cocok buat kamu yang menyukai hal-hal yang berhubungan dengan tata kelola negara dan ingin bekerja sebagai aparat pemerintahan, kamu akan diajarkan lebih teliti dalam menjalani semasa perkuliahan ini. Jurusan administrasi publik ini dulunya bernama ilmu administrasi negara lho, dan dengan berkembangnya zaman adanya perubahan paradigma yang sebelumnya, makna negara ini dianggap terlalu sempit dalam hal pelayanan masyarakat. Oleh karena itu , kini berubah nama menjadi administrasi publik. Administrasi publik adalah cabang ilmu sosial yang di dalamnya mempelajari tiga elemen yang penting bagi kehidupan bernegara yaitu seperti lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif yang berfokus pada kebijakan publik. Dalam jurusan ini juga mempelajari tentang seluk beluk pemerintahan, beragam kebijakan publik, dan bagaimana mengelola administrasi secara lebih efektif. Pada jurusan ini kita bisa belajar bagaimana cara meningkatkan kesejahteraan publik atau masyarakat dalam suatu daerah atau negara. Administrasi publik ini berarti memberikan pelayanan atau melayani seluruh masyarakat dengan sebaik-baiknya. Kamu akan dituntut untuk selalu peka terhadap permasalahan atau isu-isu yang ada di lingkungan sekitar. Lalu, kamu harus harus bisa menganalisis permasalahan tersebut dan memberikan solusinya.

Lulusan Administrasi Publik bisa bekerja dimana aja sih?

Eits tenang saja, jurusan administrasi publik ini memiliki prospek kerja yang cukup luas dan menjanjikan lho. Sebagai lulusan administrasi publik ini kamu tidak hanya bisa bekerja di sektor pemerintahan saja tetapi juga bisa bekerja di BUMN sebagai sektor keuangan juga perpajakan, karena hal ini juga masih berhubungan dengan pemerintahan. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di bidang pendidikan seperti halnya menjadi dosen yang bermanfaat, dengan menjadi dosen atau pengajar kamu bisa membagikan kembali ilmu yang telah didapat. Lalu untuk kamu yang memiliki hobi menulis, kamu juga bisa bekerja sebagai seorang jurnalis. Disamping itu, kamu juga bisa terjun di instansi non pemerintahan yang bergerak pada bidang pelayanan publik dan sosial.

Itulah beberapa penjelasan dan prospek kerja mengenai jurusan administrasi publik. Bagaimana sangat menarik bukan dengan jurusan ini?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image