Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sofianita Fifi

Efisiensi Pendaftaran Online Rawat Jalan terhadap Rumah Sakit Daerah

Edukasi | Thursday, 25 May 2023, 17:12 WIB

Rumah sakit daerah memiliki sebuah informasi manajemen yang memiliki berbagai macam modul dan submodul, yaitu salah satunya adalah regristrasi. Sebelum diberikan pelayanan rawat jalan, pasien terlebih dahulu melakukan regristrasi, yang terdapat beb erapa loket sesuai dengan jenis asuransi. Saat melakukan regristasi, pasien Perlu melakukan verifikasi berkas-berkas berupa KTP, nomor BPJS dll, sementara petugas registrasi perlu untuk melakukan input data. Proses input data yang dilakukan petugas registrasi tentu memakan waktu, antrian registrasi menjadi sangat Panjang karena sebuah jumlah pasien yang tidak sedikit, begitupun pasien juga perlu untuk mengambil nomor antrian dan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan seluruh antrian.

Android merupakan salah satu system operasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Penggunaan system android di Indonesia juga cenderung berkembang dari tahun ke tahun. Untuk menyelesaikan permasalahan lamanya waktu antrian di loket pendaftaran pasien rawat jalan, maka dibutuhkan suatu aplikasi registrasi pasien rawat jalan yang dapat diakses secara mandiri dan bersamaan sehingga pasien rawat jalan bisa langsung menuju ke poli.

Pendaftaran online rawat jalan merupakan pendaftaran tidak langsung yang memanfaatkan fasilitas web atau aplikasi . Aplikasi pendaftaran pasien rawat jalan terdapat dua bagian, yang pertama adalah aplikasi registrasi berbasis android dan yang kedua adalah aplikasi monitoring berbasis website yang digunakan oleh petugas registrasi untuk melakukan verifikasi data dengan berkas-berkas pasien. Ketika pasien melakukan registrasi maka data pasien akan diterima oleh API yang akan dipasang disebuah server milik RSUD, dan diproses sehingga data pasien dapat ditampilkan di aplikasi monitoring yang ada pada tugas registrasi. Ketika melakukan verifikasi petugas registrasi mengecek kecocokan data antara data yang dimasukkan oleh pasien dengan berkas-berkas pasien. Setelah semua datanya cocok, pasien bisa mengatri ke poli yang hendak dituju. Aplikasi ini membantu pasien menghemat waktunya ketika berobat dan mengurangi antrian di loket.

Pesatnya perkembangan teknologi ini membuat pola kehidupan manusia semakin efektif dan efisien. Teknologi juga sudah mulai diterapkan pada berbagai layanan public. Salah satu layanan yang tak luput dari teknologi adalah layanan Kesehatan yang ada di RSUD. Aplikasi yang dikembangkan pada smartphone menjadi trend yang diminati masyarakat terutama aplikasi berbasis android. Berdasarkan permasalahan yang dijelaskan sebelumnya, maka akan adanya pengembangan aplikasi berbasis android untuk system registrasi pasien dirumah sakit. Dengan aplikasi pendaftaran pasien rawat jalan secara online maka dapat ditarik kesimpulan diantaranya, masyarakat dapat mengetahui informasi klinik tanpa harus langsung datang ke tempat yang akan dituju, dapat mempermudah karyawan dalam melakukan pendataan, dapat mempermudah dokter untuk melihat jadwal praktek dan data pasien yang mendaftar rawat jalan.

Pendaftaran online yang diimplementasikan tidak banyak masalah yang dihadapi, namun kesadaran masyarakat tentang mendaftar secara online masih sangat rendah. Alur pendaftaran online cukup mudah dimengerti dan dipahami. Partisipasi masyarakat dalam pendaftaran secara on;ine masih rendah. Tampilan web atau aplikasi pendaftaran online sudah terbuka terdapat tujuan pemeriksaan serta format identitas pasien untuk klinik juga sudah sesuai dengan pelayanan pendaftaran offline.

Aplikasi klinik tidak sekedar memudahkan proses pendaftaran pada data pasien. Akan tetapi, system digital diklinik memudahkan staf mengatur alur rawat jalan, menyimpan Riwayat rekam medis, hingga proses pembayaran yang lebih mudah. Terdapat fitur-fitur di aplikasi pendaftaran online rawat jalan yaitu fitur data pasien, data pasien dapat tumpang tindih atau hlang bila menggunakan system manual. Itur rawat jalan ya ng mempermudah rencana rawat jalan dan Riwayat Tindakan medis, tenaga medis dan staf dapat menggunakan data untuk mengetahui Riwayat Kesehatan pasien diagnosis resep oba dan Tindakan. Fitur farmasi, dapat memudhakan klinik dalam mengatur stok obat dan alat Kesehatan. Fitur pembayaran, system pengaturan pembayaran yang memudahkan staf untuk transaksi pengobatan pasien. Fitur pendukung lainnya seperti mengintegrasi kebutuhan diagnosis pengobatan dengan alayanan penunjang lainnya.

Salah satu jenis pelayanan pendaftaran adalah pendaftaran online yang bertujuan untuk mempermudah proses pendaftaran. Dengan adanya system aplikasi pendaftaran online yang membuat beberapa pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan, Sehingga pasien puas terhadap aplikasi pendaftaran online rawat jalan tersebut. Meskipun masih ada beberapa pasien yang belum mau beralih menggunakan pendaftaran online karena belum memahami cara menggunakan aplikasi, kendala gadget kurang mendukung, kendala akses masuk aplikasi, pemberlakuan system blacklist dan slot antrean, serta pasien lebih mantap untuk mendaftar langsung. Beberapa strategi yang akan diambil untuk meningkatkan jumlah pengguna dan pengembangan aplikasi pendaftaran online adalah memperbanyak media promosi, menambah akses ke sejumlah RSUD rawat jalan dan lain-lain.

Pasien pengguna aplikasi memiliki pengalaman yang baik. Mayoritas pasien menyatakan puas terhadap aplikasi (kemudahan download, tampilan aplikasi, ke- mudahan penggunaan) dan merasakan dampak per- baikan pelayanan (pendaftaran, alur pemeriksaan di rumah sakit menjadi lebih mudah, waktu tunggu lebih singkat, dan kenyamanan saat berada di ru- ang tunggu poliklinik meningkat). Meskipun beberapa pasien belum mau beralih menggunakan pendaftaran online karena belum memahami cara menggunakan aplikasi, kendala gadget (handphone) kurang men- dukung, kendala akses masuk ke aplikasi, pember- lakuan sistem blacklist dan slot antrean, serta pasien merasa lebih mantap untuk mendaftar langsung. Kepuasan pemakaian aplikasi bisa digambarkan sebagai tingkat dimana para pemakai aplikasi tersebut

Aplikasi pendaftaran online menurunkan waktu tunggu pasien rawat jalan, mayoritas pasien menyatakan puas terhadap aplikasi, dan merasakan dampak perbaikan pelayanan pendaftaran alur pemeriksaan dirumah sakit menjadi lebih mudah, waktu tunggu lebih singkat, dan kenyamanan saat berada diruang tunggu semakin meningkat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image