Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nurul Ainur Rohima

Tips Mudah Membuat Bio-Pestisida Alami Menggunakan Limbah Dapur Kulit Bawang

Pets and Garden | Thursday, 25 May 2023, 14:53 WIB
Gambar larutan Biopestisida kulit bawang. Sumber: https://pin.it/1g7xAE4


Halo sobat gen Z! Apakah tanaman di rumahmu sering terkena hama?

Buat kamu yang suka bercocok tanam dan tanaman kamu sering mati akibat terserang hama, tetapi tidak ingin membeli pestisida di toko, tenang besti ada cara mudah untuk membuat Bio-Pestisida menggunakan limbah dapur loh! Yuk simak caranya!

Apa itu pestisida?Pestisida merupakan zat kimia ataupun bahan lain seperti jasad renik dan virus yang berfungsi untuk membasmi, memberantas atau mencegah hama dan penyakit yang dapat merusak tanaman atau hasil pertanian. Penggunaan pestisida secara berlebihan dapat membawa dampak buruk bagi lingkungan salah satunya adalah pencemaran tanah.

Oleh karena itu, kita dapat menggunakan Bio-Pestisida sebagai alternatif karena berasal dari bahan alami sehingga mudah terurai dan tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Banyak jenis limbah dapur yang dapat dijadikan Bio-Pestisida alami. Namun, kali ini adalah tips pembuatan Bio-Pestisida alami menggunakan kulit bawang, baik bawang merah, bawang putih, maupun bawang bombai. Daripada sampah kulit bawang sisa masak dibuang begitu saja, lebih baik dijadikan Bio-Pestisida cair. Berikut cara pembuatannya:

1. Satu Genggam Kulit Bawang

Ambil satu genggam $ kulit bawang baik bawang merah$ , bawang putih, maupun bawang bombai. Kulit bawang mengandung sodium, kalium, folat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan kalium yang terbukti bagus untuk menyehatkan tanaman.

2. Wadah dan Penutup

Masukkan satu genggam kulit bawang ke dalam wadah yang telah disiapkan.

3. Air 750 ml

Air berfungsi sebagai pelarut dalam pembuatan Bio-Pestisida cair. Masukkan air kurang lebih sebanyak 750 ml ke dalam wadah yang berisi kulit bawang tadi, kemudian tutup rapat dan diamkan selama 1-2 hari pada suhu ruang.

4. Saring Air Larutan Kulit Bawang

Setelah didiamkan selama 1-2 hari, air larutan kulit bawang disaring dan letakkan ampas kulit bawang pada media tanam agar terurai dengan sendirinya.

5. Campurkan 10-15 ml Air Larutan Kulit Bawang dengan 1 liter Air

Sebelumnya siapkan wadah untuk mencampur air larutan kulit bawang dengan air, lalu aduk sampai tercampur rata. Masukan air tersebut ke dalam wadah spray dan Bio-Pestisida cair siap di semprotkan ke seluruh bagian tanaman.

Bio-Pestisida cair dari bahan kulit bawang ini dalam sekali pembuatan mampu bertahan selama satu bulan. Bahan dari limbah dapur ini ampuh untuk membunuh hama, serangga, dan mampu menyehatkan tanaman. Selain itu, penggunaan Bio-Pestisida cair bukan hanya menguntungkan dari sisi ekologis, tetapi juga menguntungkan dari sisi ekonomis. Sekian tips mudah membuat Bio-Pestisida alami, semoga bermanfaat!!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image