Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image tracyrachels

Menjelajah Manfaat dan Bahaya Diet Bagi Kesehatan Tubuh

Gaya Hidup | Wednesday, 24 May 2023, 22:25 WIB

Diet menjadi salah satu hal yang populer untuk mencapai tubuh yang ideal bagi masyarakat. Diet dapat meningkatkan kualitas hidup dan memberi pengaruh bagi kesehatan bagi tubuh baik dalam jangka pendek, maupun dalam jangka panjang. Di balik hal tersebut, terdapat manfaat diet sehat dan bahaya diet yang tidak sehat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat diet sehat serta bahaya diet jika tidak dijalankan dengan bijak yang harus diperhatikan oleh masyarakat.

Manfaat diet yang sehat:

1. Penurunan berat badan yang sehat

Diet yang sehat dapat dilakukan dengan memiliki pola makan yang seimbang, memilih porsi yang baik, dan memperbanyak konsumsi makanan berserat, bernutrisi, serta berprotein. Jika masyarakat melakukan hal tersebut, tubuh akan mengalami penurunan berat badan dengan sehat. Penurunan berat badan tersebut dilakukan secara bertahan dengan cara mengurangi kalori yang dikonsumsi dalam makanan sehari-hari. Penurunan berat badan secara sehat tersebut juga dapat menghindari tubuh dari penyakit-penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan masih banyak lain.

2. Peningkatan Energi dan Kualitas Hidup

Diet yang sehat dapat meningkatkan energi serta kualitas hidup. Jika tubuh mengonsumsi makanan bernutrisi dan memiliki pola makan yang baik, energi dalam tubuh akan stabil dan dapat berguna bagi aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Bahan bakar dalam tubuh bekerja secara optimal sehingga masyarakat dapat fokus dan meningkatkan konsentrasi dalam pekerjaan sehari-hari. Bahkan, diet yang sehat juga dapat meningkatkan kualitas hidup. Contoh makanan yang tepat untuk dikonsumsi sebagai diet yang sehat adalah buah-buahan, sayur-sayuran, dan biji-bijian.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Diet yang sehat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis dalam tubuh. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dengan antioksidan dan berserat. Makanan-makanan tersebut dapat menjaga keseimbangan hormon dan meningkatkan kekebalan tubuh. Risiko penyakit-penyakit tersebut seperti kanker, penyakit ginjal, penyakit jantung, penyakit otak, dan masih banyak lagi.

Bahaya Diet yang tidak sehat :

1. Nutrisi yang tidak seimbang

Diet yang tidak seimbang mengakibatkan kehilangan nutrisi bagi kesehatan tubuh sehingga nutrisi dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal ini terjadi karena penurunan asupan seperti vitamin, protein, mineral, dan serat. Jika tubuh tidak memiliki nutrisi yang seimbang, hal tersebut akan berpengaruh secara buruk bagi kesehatan seperti penurunan kualitas dalam fungsi organ.

2. Gangguan Makan

Diet yang ekstrem dapat memicu gangguan makan. Hal ini biasanya disebabkan oleh obsesi terhadap berat badan dan penampilan fisik sehingga dapat menyebabkan gangguan makan seperti bulimia nervosa. Obsesi terhadap penurunan berat badan tersebut dapat merusak kesehatan dari gangguan makan tersebut. Ketika seseorang terobsesi dengan berat badan dan bentuk tubuh, mereka mungkin mengambil langkah drastis untuk mengurangi asupan kalori mereka. Ini dapat mengakibatkan ketidakseimbangan gizi, kelelahan, penurunan energi, kerusakan organ internal, dan bahkan kematian.

3. Kerusakan fisik dan emosional

Diet yang ekstrem dan tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan fisik dan emosional. Kurangnya nutrisi dapat mempengaruhi kesehatan jantung, sistem pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, diet yang berfokus pada penampilan fisik terkadang menimbulkan munculnya gangguan citra tubuh yang negatif, stres, depresi, dan kecemasan terkait penampilan. Hal ini dapat berdampak buruk pada kesejahteraan emosional dan mengganggu hubungan sosial. Diet yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesejahteraan emosional dan citra tubuh sehingga dapat merusak hubungan sosial dan kualitas hidup bagi tubuh.

Dalam memutuskan untuk menjalani diet, penting untuk memahami manfaat serta bahaya yang mungkin terjadi. Diet yang sehat dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, penting juga untuk memahami bahaya diet yang terkait dengan diet tidak sehat. Hindari diet ekstrem dan konsultasikan dengan orang yang profesional dalam bidang kesehatan sebelum memulai program diet apa pun. Masyarakat juga harus fokus pada pola makan yang seimbang untuk mencapai kesehatan yang optimal karena konsistensi dan pola makan yang seimbang adalah cara untuk memperoleh manfaat maksimal dari diet sehat yang dilakukan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image