Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Tentukan Hari Jadi RSUD Kardinah, Guru Besar dan Alumni Sejarah UMP Jadi Narasumber FGD

Info Terkini | Wednesday, 24 May 2023, 16:02 WIB
Tentukan Hari Jadi RSUD Kardinah, Guru Besar dan Alumni Sejarah UMP Jadi Narasumber FGD

Guru Besar dan alumni Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) terus berkiprah di masyarakat. Mereka yakni, Prof. Dr. Sugeng Priyadi, M.Hum., yang juga merupakan Ketua Banyumas Institut UMP dan Wijanarto yang juga sejarawan Brebes. Keduanya menjadi narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD), yang digelar oleh RSUD Kardinah Tegal, Jawa Tengah di ruang pertemuan PPM lantai 2, pada Sabtu, 20 Mei 2023 lalu.

Pembicara lain yakni, Dr. Maufur M.Pd., seorang akademisi, Atmo Tan Sidik sebagai budayawan dan Yono Daryono sebagai penulis buku R.A. Kardinah.

Sebagai moderator yaitu Direktur RSUD Kardinah Tegal, drg. Agus Dwi Sulistyantono, M.M., dan diikuti oleh peserta dari kalangan akademisi, budayawan, sastrawan, tokoh agama dan literasi, media, pejabat struktural RSUD Kardinah, Kepala Arpusda Tegal, Kadindik Tegal, Prokompim Setda Tegal termasuk bagian Hukum.

Ketua panitia Zainal Abidin, SKM. M.M., mengatakan, tujuan penyelenggaraan FGD selain untuk bersama memperingati hasil perjuangan pendiri RSUD Kardinah dan refleksi sejarah RSUD Kardinah Tegal, juga ingin mengetahui tanggal, bulan dan tahun berdirinya RSUD Kardinah Kabupaten Tegal.

“Selama ini kami tidak mengetahui secara persis kapan RSUD Kardinah Kabupaten Tegal didirikan. Kami hanya tahu tahun berdirinya RSUD Kardinah, yang diawali sebagai balai pengobatan. Oleh karena itu FGD ini diharapkan dapat menemukan tanggal,bulan dan tahun berdirinya RSUD Kardinah dengan mengundang pakar akademisi, budayawan dan sastrawan,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kardinah Tegal, drg. Agus Dwi Sulistyantono, M.M., mengatakan, bahwa RSUD Kardinah Tegal selama ini tidak memilki momentum bersama terkait Hari Jadi, oleh sebab itu perlu pertemuan ilmiah untuk mengundang ahli bahasa, sejarahwan dan budayawan dalam merumuskan hal tersebut sebagai masukan yang sangat penting kedepannya.

FGD Butuhkan Data Valid dan Kredibel

Dalam pemaparannya, Guru Besar Pendidikan Sejarah UMP, Prof. Dr. Sugeng Priyadi, M.Hum., menyatakan bahwa kegiatan FGD RSUD Kardinah Tegal, sebagai langkah awal pencarian sumber data yang valid dan kredibel, masih membutuhkan lanjutan untuk pertemuan ilmiah berikutnya.

“Ini masih membutuhkan pertemuan ilmiah lanjutan, termasuk penelitain, hal tersebut bertujuan agar hasil penelusuran data yang terkait dengan RSUD Kardinah Tegal, bisa dianalisis sesuai kajian ilmiah, tentunya membutuhkan waktu dan tim khusus untuk mengkajinya” katanya di Purwokerto, Rabu (24/5/2023).

Kepala Prodi Pendidikan Sejarah UMP, Sumiyatun Septianingsih, M.Pd., menambahkan, bahwa sumbangsih UMP terhadap perubahan kebijakan publik, khususnya terkait sejarah dan budaya cukup besar.

“Perubahan sejarah Hari Jadi Kabupaten Banyumas dan Banjarnegara adalah dua diantaranya, melalui penelitian yang dilakukan oleh Guru Besar UMP, Prof. Dr. Sugeng Priyadi, M.Hum., dan tim. Dari situ terbitlah dua buku berjudul Hari Jadi Kabupaten Banyumas 22 Februari dan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara,” pungkasnya. (sep/tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image