Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dirga Sari

Tingkatkan Branding Bisnis dengan Konten Instagram Yang Menarik

Teknologi | Wednesday, 24 May 2023, 14:48 WIB
Gambar 1. Proses Produksi Konten Instagram

Media sosial sangat memberikan pengaruh yang cukup besar dalam membranding sebuah usaha, terutama usaha food and baverage. Instagram adalah salah satu media sosial yang memiliki pengguna tertinggi, hal ini disebabkan banyaknya fitur menarik yang diberikan oleh Instagram , berupa fitur postingan, video reels, story, QnA, pollling, penggunaan filter kamera yang menarik, dan masih banyak lagi.

Banyaknya fitur tersebut memudahkan pelaku usaha Food and Baverage dalam memasarkan produknya dikalangan pengguna media sosial Instagram. Hal tersebut dibuktikan oleh penulis saat melaksanakan kegoatan magang dibidang manajemen dan pembuatan konten media sosial Instagram yang diikuti oleh Dirga Sari, mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, dengan dosen pengampu Kun Muhammad Adi S.I.Kom., M.I.Kom, yang melakukan kegiatan magang di Brown Sugar Cafe Gresik. Brown Sugar Cafe Gresik merupakan cafe hits yang menyediakan makanan dan minuman kekinian, tidak hanya makanan dan minuman, di Cafe Brown Sugar Gresik juga menyediakan live music yang berlokasi di Jl. Siti Fatimah Binti Maimun No.32B, Randuagung, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Kegiatan magang di Cafe Brown Sugar Gresik dilakukan selama 1 bulan dari tanggal 01 Maret 2023 sampai dengan 31 Maret 2023. Kegiatan yang dilakukan Mahasiswa peserta magang di bidang manajemen dan pembuatan konten media sosial, dan untuk kegiatan harian selama magang antara lain : Memantau cctv secara berkala, membuat kliping laporan penjualan dan stok persediaan, membuat agenda perencanaan konten Instagram, melakukan pengambilan foto dan video sebagai bahan konten Instagram, mencari referensi konten Instagram usaha sejenis, melakukan editing konten Instagram, melakukan penulisan caption konten Instagram

Selama magang, mahasiswa membuat berbagai konten Instagram seperti reels, poster, feed instagram, dan video daily opening untuk story Instagram. dengan memanfaatkan aplikasi Canva, berbagai fitur menarik pada Canva memudahkan mahasiswa dalam membuat konten menarik untuk media Instagram. Peserta mampu membuat konten Instagram Brown Sugar Cafe Gresik menjadi lebih menarik. Dalam setiap kegiatan Mahasiswa Peserta Magang berusaha untuk dilibatkan ke dalam manajemen dan pengolahan konten Instagram Cafe Brown Sugar Gresik.

Dalam membuat konten, tips dan trik yang dilakukan untuk membuat konten menjadi efektif dan menarik adalah :

1. Menentukan tema yang sesuai dengan trend dilapangan

menentukan tema yang sedang ramai dan trendy dikalangan masyarakat untuk meningkatkan minat pengguna Instagram dalam melihat konten Instagram yang kita buat.

2. Menentukan konsep konten

menentukan konsep dengan detail dan spesifik untuk menghindari adanya ketidaksesuaian konten yang akan dibuat dimasa mendatang.

3. Melakukan pengambilan foto dan video sebagai bahan konten

melakukan pengambilan foto dan video untuk bahan konten yang akan dibuat, disesuaikan dengan konsep yang telah ditentukan.

4. menyesuaikan angle kamera dalam pengambilan foto dan video,

beberapa angle kamera seperti High Angle View, Eye Level, Low Angle, Birds Eye View, Frog Eye View cocok digunakan untuk pengambilan foto dan video.

5. Melakukan pengeditan konten dan memperhatikan rumus konten ABC (attention, branding,connection).

Attention : pembukaan konten harus menarik perhatian Branding : dari awal harus memasukan branding produk atau merek secara intens Connection : bangun koneksi dengan pengguna, dengan cara mencoba untuk masuk kepada perasaan atau kondisi yang sedang diresahkan. Desire : Mendorong pengguna untuk melakukan sebuah tindakan yang merujuk pada pembelian atau penggunaan produk yang kita jual.

6. Menggunakan copy writing yang baik dan menarik.

dengan penggunaan copy writing yang baik pada penulisan caption akan membuat pengguna Instagram tertarik untuk melihat isi konten dan mempermudah mereka untuk mengetahui produk kita.

berikut adalah cara bagaimana cara memproduksi konten Instagram dengan baik dan menarik, untuk meningkatkan branding produk maupun usaha yang sedang kita jalankan.

Dirga Sari, Mahasiswi Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

#KomunikasiUntag

#UnderstandingEnpowering

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

#EcoCampus

#Kampus Kompeten

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image