Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Indah

Manfaat Media Sosial - Terutama sebagai wadah dakwah di era milenial

Eduaksi | Wednesday, 24 May 2023, 11:37 WIB

sumber : https://pin.it/cGpW8Jp

Media sosial merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk bersosialisasi terhadap satu sama lain yang dilakukan secara online. Media sosial ini memiliki bentuk yang sangat beragam dan juga sangat mudah untuk diakses. Dengan kemudahan ini media sosial dapat dimanfaat dengan sangat baik untuk melakukan hal – hal yang memberikan dampak positif kepada sesama. Disini saya akan membahas tentang manfaat media sosial terutama sebagai wadah penyalur dakwah di era milenial ini..

Minat dari generasi milenial sekarang ini sudah sangat menurun terhadap acara acara keagamaan seperti menghadiri ceramah di suatu tempat. Tetapi masalah tersebut dapat teratasi lewat munculnya media sosial. Saat ini sudah mulai banyak dakwah-dakwah tentang agama islam yang disebarkan lewat media sosial. Dakwah yang disebarkan melalui trend-trend yang sedang popler akan lebih banyak menarik minat generasi sekarang.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil dari kemudahan mengakses media sosial :

  • Dapat digunakan sebagai alat komunikasi
  • Dapat digunakan sebagai sarana sosialisasi
  • Dapat digunakan sebagai wadah penyaluran ekspresi diri
  • Dapat digunakan sebagai wadah penyebar informasi

Sebagai alat komunikasi

Media sosial dapat kita buat sebagai alat komunikasi contohnya whatsapp dan line. Lewat media sosial terebut kita bisa saling terhubung satu sama lain, alasan terhalang jarak sekarang sudah tidak berlaku lagi. kita bisa seling berbagi kabar lewat chat, talfon, bahkan video call.

Sebagai sarana sosialisasi

Media sosial sebagai sarana sosialisasi, didalam media sosial seperti instagram ini mampu diakses oleh semua kalangan dan mereka bisa saling terhubung. Melalui media sosial ini kita bisa saling berkenalan dengan orang baru, bahkan orang-orang yang berasal dari daerah berbeda maupun dari profesi yang berbeda.

Sebagai wadah penyaluran ekspresi diri

Media sosial biasanya juga digunakan sebagai penyalur ekspresi, yang disebarkan lewat postingan foto atau bahkan video di media sosial yang dapat dilihat oleh banyak orang. Contohnya yaitu seperti seseorang yang menyukai fotografi, di dalam akun media sosialnya biasanya dia akan memanfaatkannya untuk memposting foto-foto maupun video yang fotogenic. hal tersebut merupakan contoh bentuk penyaluran dari ekspresi kesukaan dirinya.

Sebagai wadah penyebar informasi

Media sosial juga berguna sebagai wadah penyebar informasi. Lewat kemudahannya untuk diakses, cangkupan media sosial ini bisa meluas ke berbagai kalangan yang meliputi orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Dalam ini dapat digunakan sebagai wadah yang tepat untuk menyebarkan informasi informasi yang bermanfaat untuk semua. salah satu contohnya yaitu kementrian kominfo yang menggunakan akun insgramnya @kemenkominfo untuk menyalurkan informasi informasi terkini yang terjadi di negeri ini.

Nah, dengan berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan media sosial ini para pendakwah bisa memanfaatkannya sebagai sarana dakwah bagi kaum milenial. Sekarang penyampaian dakwah tentang agama islam sudah tidak kaku lagi seperti yang terjadi pada zaman dulu. Cara penyampaian dakwah yang santai akan lebih mudah untuk diterimadan juga dipahami oleh semua kalangan, tidak hanya kalangan yang sudah pandai dalam bidang keagamaan tetapi cakupannya bisa meluas ke berbagai kalangan.

Strategi dakwah lewat sosial media

Para pendakwah atau dai sekarang bisa memanfaatkan media sosial dengan mudah untuk menyebarkan dakwah-dakwah atau informasi-informasi terkait agama islam. Contohnya yaitu seperti husain basyaiban, dia merupakan dai muda yang memanfaat akun TikTok dan akun instagram miliknya yang sebagai sarana dakwah. Husain melakukan dakwah dengan cara membuat konten konten menarik berbentuk video singkat, husain membawakan dakwahnya dengan bahasanya sendiri dan juga mengkombinasikannya dengan tren-tren yang sedang populer sehingga kaum milenial lebih tertarik untuk melihatnya.

Tips-tips untuk berdakwah di era milenial :

  1. Gunakan bahasa keagamaan yang baik
  2. Gunakan gaya penyampaian yang santai
  3. Jangan terlalu fanatik dengan agama, kita harus tetap menjaga sikap toleransi
  4. Ikuti trend yang sedang populer untuk menyampaikan dakwah
  5. Buat konten konten yang menarik

Tips-tips tersebut dapat diterapkan karena sekarang cara penyampaian yang santai akan lebih mudah untuk diterima dan juga dipahami oleh semua kalangan. Dapat kita lihat salah satunya seperti cara penyampaian Habib Ja’far. Cara penyampaian dakwah beliau saat diundang di podcast pada youtube ataupun di program stasiun televisi dilakukan dengan santai sehingga lebih enak untuk di dengar dan juga bisa menjadi bentuk branding agama islam. Melalui bentuk-bentuk kegiatan seperti ini akan membuat semuanya mulai mengerti lebih jauh tentang agama islam.

Oleh karena itu, Media Sosial ini memiliki banyak manfaat bagi semuanya jika digunakan untuk hal hal yang memiliki dampak positif seperti wadah penyalur dakwah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image