Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

Pengajar PPSDM Migas Dalami Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Micro Learning

Eduaksi | Wednesday, 24 May 2023, 08:41 WIB

Pengembangan media pembelajaran semakin beragam salah satunya adalah dengan berbasis micro learning. Micro learning merupakan konsep pembelajaran yang fokus pada materi-materi pendek dan terstruktur yang dapat diakses secara fleksibel oleh peserta pelatihan. Untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis micro learning, diperlukan perencanaan yang matang dengan strategi yang tepat agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Menyikapi perkembangan strategi pembelajaran yang berkembang dengan cepat inilah, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) melaksanakan pelatihan dengan judul Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Micro Learning di Industri Migas pada 3 – 5 Mei 2023.

Syafril Ramadhon, selaku pemimpin pelatihan dan Subkoordinator Pelatihan PPSDM Migas berharap dengan adanya pelatihan ini peserta mampu mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Micro Learning di Industri Migas.

“Dalam pengembangan media pembelajaran berbasis micro learning, perlu diperhatikan bahwa materi yang disajikan harus mampu memenuhi kebutuhan pembelajaran peserta pelatihan. Sehingga, penggunaan media yang menarik dan interaktif diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta pelatihan terhadap materi. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran berbasis micro learning dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,” jelasnya ditemui seusai pelatihan berlangsung.

Pelatihan ini terbagi menjadi tiga gelombang dengan total jumlah peserta pelatihan 94 peserta. Selama tiga hari pelatihan, pemateri yang mengisi berasal dari universitas ternama di Indonesia dengan materi antara lain Kebijakan Tantangan Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran, Microlearning dalam Kegiatan Pelatihan, Garis Besar Pengembangan Media pembelajaran berbasis Microlearning, Media pembelajaran microlearning dengan format Infografis, Media pembelajaran microlearning dengan format Video Explainer, Media pembelajaran microlearning dengan format Motion Graphics, Video Conference Interaktif dan Gamifikasi, serta Media pembelajaran microlearning dengan format Presentasi Powerfull dengan Power Point.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image