Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Umi Habibah, Mahasiswa Statistika UNAIR

QRIS Bukti Kemajuan Ekonomi Digital Indonesia

Teknologi | Monday, 22 May 2023, 23:09 WIB
Satu QR Code, untuk Seluruh Pembayaran (Sumber : bi.go.id)

Seiring dengan perkembangan teknologi, Indonesia telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam mendorong ekonomi digital. Salah satu inovasi terbaru adalah dengan diluncurkannya QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang menjadi salah satu platform pembayaran digital. Platform ini telah mengubah metode transaksi keuangan di Indonesia.

Pada 17 Agustus 2019, Bank Indonesia secara resmi telah meluncurkan QRIS yang merupakan penyatuan berbagai macam kode QR dari berbagai penyedia layanan jasa keuangan. QRIS dikembangkan dengan tujuan agar proses transaksi dengan menggunakan kode QR menjadi lebih mudah, cepat, dan terjamin keamanannya. Sebelum adanya QRIS, setiap penyedia layanan jasa keuangan memiliki kode QR yang berbeda-beda sehingga menyulitkan konsumen dan pedagang. Namun, dengan adanya QRIS, semua sistem pembayaran digital dapat diakses melalui satu kode QR sehingga transaksi menjadi mudah.

Penggunaan QRIS memungkinkan terjadinya transaksi tanpa perlu membawa uang tunai. Pengguna, terutama konsumen hanya perlu membawa gawai untuk memindai kode QR saat melakukan pembayaran. Hal ini tentu sangat memudahkan konsumen karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak dan juga mengurangi risiko terjadinya kehilangan atau pencurian uang tunai. Dari pihak pedagang tentu juga sangat diuntungkan karena tidak perlu repot untuk menyediakan uang kembalian saat menerima pembayaran.

Selain itu, penggunaan QRIS juga meningkatkan transparasi dan keamanan dalam transaksi. QRIS selalu mencatat setiap transaksi yang dilakukan sehingga memungkinkan pemantauan dan pengawasan yang lebih baik oleh otoritas keuangan dan membantu melawan praktik transaksi keuangan yang merugikan.

QRIS telah mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Dengan menggunakan QRIS, UKM dapat menerima pembayaran digital dengan mudah dan tanpa biaya yang tinggi. Hal ini tentu akan membuat UKM cepat berkembang karena dapat meningkatkan daya saing dan menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu, UKM juga dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka dengan menggunakan data transaksi yang ada dalam QRIS.

QRIS juga memberikan kesempatan bagi pengembang aplikasi pembayaran digital untuk meningkatkan inovasi dalam pengembangan fitur-fitur di dalam aplikasi mereka. Ini berarti QRIS secara tidak langsung telah menciptakan ruang kompetisi yang sehat untuk mendorong inovasi pada ekonomi digital Indonesia.

Melalui inovasi-inovasi yang dikembangkan oleh penyedia layanan jasa keuangan, kemampuan fleksibilitas QRIS semakin dapat diandalkan dalam memenuhi berbagai kebutuhan pembayaran digital. Pengguna dapat memilih aplikasi pembayaran digital yang sesuai dengan preferensi mereka, baik itu mobile banking, e-wallet, maupun aplikasi pembayaran lainnya.

Dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan oleh QRIS, penggunaan QRIS di Indonesia semakin meningkat, baik oleh konsumen maupun pedagang. Hal ini menunjukkan bahwa QRIS telah mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia yang berdampak positif bagi kemajuan ekonomi digital.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image